Mengenal Detail tentang Robotika



Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Dalam hal ini, komputer menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Robotika atau robotics menjadi salah satu bukti pesatnya perkembangan dunia teknologi. Kehadiran robotika tidak diragukan lagi karena telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kemudahan aktivitas manusia. Beberapa negara telah memasukkan jurusan robotika ke dalam universitas maupun SMA untuk lebih memperkenalkan teknologi ini.

Pengertian Robotika

Robotika atau robotics berasal dari kata robot, artinya perangkat elektronik yang diprogram secara otomatis untuk melakukan tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. Dengan kata lain, robotika yaitu ilmu yang mempelajari desain dan pembuatan robot. Robotika juga bisa dipahami sebagai cabang teknologi modern yang mendesain, membangun, memproduksi, mengoperasikan dan mengaplikasikan robot. Meskipun tidak mudah untuk dilakukan, saat ini robotika menjadi bidang ilmu yang semakin digemari, terutama bagi kalangan muda. Pada saat kita ingin membuat robot, tentu saja perlu belajar secara mendalam terlebih dahulu tentang ilmu mekanika, elektronik, algoritme, mesin dan perangkat lunak komputer. Hal ini yang melatarbelakangi semakin banyak sekolah dan perguruan tinggi yang menawarkan robotika sebagai mata pelajaran spesialis atau umum.

Baca juga : Komponen Utama pada Robot

Contoh Teknologi Robotika

Di negara maju, sebagian tenaga manusia sudah tidak digunakan lagi karena digantikan oleh robot. Penciptaan robot digunakan untuk membantu tugas manusia. Di sisi lain, dengan adanya robot bisa membuat lapangan kerja bagi manusia semakin sempit. Contohnya seperti penggunaan robot di bawah ini, yaitu :

• RIBA (Robot for Interactive Body Assistance)

RIBA atau Interactive Body Assist Robots merupakan robot mirip perawat. Robot yang dikembangkan oleh RIKEN ini diprogram untuk mengangkut atau mengangkat pasien di rumah sakit. Namun, batas berat pasien yang diangkatnya tidak boleh melebihi 61 kg. Tugasnya tidak hanya mengangkut pasien, robot RIBA juga bisa mengenali suara staf rumah sakit seperti perawat dan dokter. Hal ini dikarenakan robot juga diprogram untuk mendeteksi wajah dan suara pegawai rumah sakit.

• ApriPoco

Robot ApriPoco bisa mengendalikan berbagai remote seperti TV, AC dan lainnya. Selain itu, robot juga bisa mengenali perintah suara (Voice Command Operated) sehingga bisa berbicara dengan orang yang mengajaknya berkomunikasi. Hanya dengan koneksi infra merah, ApriPoco bisa mendeteksi dan mengontrol semua jenis remote kontrol. Ketika tugasnya selesai, robot menanyakan apa yang harus dia lakukan selanjutnya.

• Robot Pencuci Rambut

Jepang adalah negara maju yang terkenal dengan robot untuk membantu manusia mengerjakan tugas, sehingga mudah ditemukan di tempat umum. Salah satu robot unik ciptaan Negeri Sakura ini yaitu robot pencuci rambut. Robot tersebut dirancang khusus untuk mencuci rambut di salon dengan karyawan lansia dan cacat. Robot besutan Panasonic ini memiliki 24 jari dan berfungsi untuk mencuci rambut.

Mulai dari keramas, memijat hingga membilas. Robot bisa melakukannya hanya dalam waktu 3 menit. Awalnya, robot itu hanya untuk membantu kegiatan panti jompo dan memudahkan para lansia untuk keramas. Namun, pangkas rambut di Jepang mulai menggunakannya untuk meringankan pekerjaan karyawannya.

• Buddy Robot

Buddy merupakan robot yang dikembangkan oleh Blue Frog Robotics dan memiliki desain menggemaskan yang berfungsi sebagai asisten pribadi. Robot Buddy bisa membantu memantau status rumah ketika pemiliknya pergi. Selain itu, robot ini juga bisa bermain, membangunkan pemiliknya, mengingatkan hal-hal penting, seperti berolahraga, minum obat dan lain sebagainya. Buddy memiliki ukuran seperti kucing, bisa dikatakan sebagai robot pembantu rumah tangga pertama di Paris. Inti dari robotik atau robotics yaitu teknologi modern yang bisa membuat beragam jenis robot. Ilmu robotics hari ini semakin diminati karena semakin banyak lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan robotik.

Posting Komentar

0 Komentar