Komponen Utama pada Robot

Robotika berasal dari kata robot yang artinya perangkat elektronik yang dapat diprogram untuk melakukan otomasi terhadap suatu tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. Robot berarti pekerja yang tidak memiliki rasa lelah. Robot merupakan sebuah perangkat mekanik yang dapat menjalankan berbagai tugas baik itu di bawah kendali dan pengawasan manusia atau dijalankan melalui serangkaian program yang telah didefinisikan terlebih dahulu. Jadi, dapat diartikan bahwa robotika merupakan salah satu cabang teknologi modern yang berhubungan dengan desain, operasi, konstruksi, disposisi struktural, pembuatan & aplikasi dari robot. Robotika menjadi bidang ilmu yang terkait dengan ilmu pengetahuan bidang mekanika, elektronika, mesin, algoritma dan juga perangkat lunak komputer. 

Komponen Utama pada Robot 

1. Controller

Controller merupakan bagian utama yang terdapat pada robot. Controller ini diibaratkan sebagai otak manusia. Otak tersebut mampu menggerakkan semua pergerakan yang dilakukan oleh robot. Bagian ini berfungsi untuk menjalankan sebuah program, menerima dan mengelola setiap isu dari input sensor, mampu mengirim dan mengendalikan output pada indikator, actuator dan audio.

Mikrokontroler Arduino

2. Actuator

Actuator merupakan bagian yang diibaratkan seperti otot pada manusia yang berfungsi untuk menggerakan robot. Biasanya untuk robot beroda memakai DC motor sebagai penggeraknya dan membuat robot sanggup berpindah tempat. Sedangkan untuk robot yang bergerak menggunakan kaki, biasanya memakai motor servo. Motor servo memiliki tugas yang sama dengan DC motor sebagai pencetus pada robot. Namun, penggunaan mekanik yang menciptakan pergerakan mereka berbeda.

Motor Servo

3. Sensor

Sensor diibaratkan indera yang ada pada manusia seperti melihat, merasa dan mendengar. Ada beberapa jenis sensor pada robot, manusia hanya mempunyai 5 indera, robot bisa memiliki sensor dengan jumlah yang tidak terbatas. Oleh karena itu, robot merupakan makhluk elektronik dan teknologi yang semakin berkembang.

Sensor Ultrasonic

4. Baterai

Baterai merupakan sumber energi pada robot. Ibaratnya otak kita yang membutuhkan nutrisi sebagai sumber tenaga seperti karbohidrat atau vitamin. Selan itu, baterai juga berperan sebagai sumber tegangan pada robot. Baterai akan menyalurkan sumber tegangan ke bagian listrik pada robot seperti controller, sensor, actuator dan semua komponen elektronik dari baterai.

Baterai Li-Po

5. Kabel

Kabel merupakan bagian yang paling penting, ibaratnya kabel merupakan darah, urat dan saraf pada manusia. Kabel pada robot dipakai sebagai penyalur suatu arus, bisa juga sebagai terusan antara input dan output pada robot.

6. Frame

Frame biasanya dipakai sebagai tulang yang menyangga antara servo pada robot. Membentuk bagian pada robot menjadi berbagai macam dan penunjang penampilan pada robot. Untuk robot beroda seperti line follower biasanya ada yang berbentuk kotak, lingkaran maupun segitiga. Pembentukan frame tergantung kebutuhan pada bagian robot dan penempatan pada komponen-komponen lainnya.

Frame Robot

7. Chassis

Chassis biasa disebut dengan cover. Rangka utama pada robot biasanya menjadi tubuh bagi robot itu sendiri. Biasanya chassis dipasang dengan berbagai macam bentuk sesuai dengan bentuk dari framenya sendiri untuk mempercantik penampilan pada robot.

Chassis

8. Support Part 

Support part merupakan sebuah komponen pendukung untuk membentuk robot, seperti baud dan mur.

Posting Komentar

0 Komentar