Pengertian dan Penjelasan tentang Cloud Hosting

Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan jenis web hosting yang menggunakan resource dari beberapa server untuk menyeimbangkan beban, mempercepat performa dan memaksimalkan uptime. Cloud hosting menggunakan server virtual untuk menghosting website. Biasanya, layanan hosting tradisional menghosting satu atau beberapa website pada satu server fisik. Pada umumnya, cloud hosting lebih cepat daripada shared hosting. Cloud hosting berjalan secara virtual, yaitu teknologi yang membagi server fisik menjadi beberapa virtual machine yang disebut cloud server. Kemudian, server-server tersebut bergabung dengan membentuk satu jaringan untuk menghosting website.

Cloud hosting memiliki infrastruktur dasar yang membuatnya berbeda dari jenis web hosting tradisional pada umumnya. Biasanya, web hosting tradisional menggunakan metode terpusat, dimana satu server digunakan untuk beberapa website sekaligus.

Baca juga : Pengertian dan Penjelasan tentang Cloud Server

Fungsi Cloud Hosting

1. Menampung Banyak Pengunjung

Anda tidak perlu khawatir memperoleh trafik berlebihan yang bisa membuat website down dan kehilangan pengunjung. Teknologi cluster memungkinkan website untuk menampung lonjakan pengunjung. Jadi, website Anda dapat diakses oleh ribuan bahkan jutaan orang secara bersamaan. Saat ada salah satu server yang overload, maka beban akan dibagi dengan server lain. Metode pembagian ini dikenal dengan sistem back-up resource.

2. Menjaga Performa Website

Layanan cloud hosting memiliki berbagai macam fitur unggulan. Mulai dari fitur optimasi kecepatan hingga keamanan.b Pada saat kebanyakan layanan hosting mengalami masalah keamanan seperti invansi ilegal, penyadapan jaringan dan penyalahgunaan data, layanan cloud hosting menawarkan keamanan dan kerahasiaan data, kontrol akses data dan juga integritas data.

3. Mudah untuk Dikelola (Fully Managed)

Proses manajemen cloud hosting sama seperti shared hosting, yaitu menggunakan kontrol panel. Anda tidak perlu khawatir kesulitan melakukan berbagai macam pengaturan. Hal ini dikarenakan semua pengaturan dengan mudah Anda lakukan menggunakan panel yang ada. Bahkan, terkadang ada penyedia layanan cloud hosting yang menyediakan layanan Full Managed, contohnya seperti cloud hosting Niagahoster.

Kelebihan Cloud Hosting

• Ketersediaan tinggi

Jika salah satu server mengalami masalah, server lain akan menjaga agar website tetap berjalan dan menggantikannya. Dengan demikian, cloud hosting bisa lebih diandalkan dibandingkan dengan web hosting tradisional yang mengharuskan server selalu bekerja setiap saat.

• Penyeimbangan beban traffic

Saat website mengalami traffic yang padat, infrastrukturnya akan mendistribusikannya ke seluruh server cloud. Jadi, performa website akan tetap terjaga meskipun pengunjungnya terus bertambah.

• Skalabilitas

Dengan cloud hosting, webmaster tidak perlu pusing dengan bandwidth, penyimpanan atau daya komputasi yang tersedia dari single server. Mereka dapat menggunakan resource tambahan di lingkungan virtual untuk mendukung perkembangan website yang dimilikinya.

• Keamanan yang lebih baik

Pada umumnya, cloud hosting lebih tahan terhadap masalah dan kegagalan fungsi fisik. Hal ini karenakan menggunakan beberapa server di lingkungan virtual. Terlebih lagi, fitur load balancing jenis hosting ini dapat membantu mencegah serangan DDoS.

Posting Komentar

0 Komentar