Penjelasan tentang Database

Database atau basis data merupakan istilah teknologi jaringan komputer yang mempunyai banyak manfaat berupa penyimpanan data. Dimana kumpulan data dikelola sedemikian rupa berdasarkan ketentuan tertentu yang saling berhubungan sehingga mudah dalam pengelolaannya. Dengan pengelolaan tersebut bisa memudahkan pengguna dalam mencari informasi, menyimpan informasi dan membuang informasi. Pengertian lain dari database yaitu sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan tabel, file atau juga arsip yang terhubung dan disimpan dalam berbagai media elektronik.

Jenis dan Fungsi Database

Berikut ini jenis-jenis database beserta fungsinya :

A. Operational Database

Operational database atau yang biasa disebut dengan database OLTP (On Line Transaction Processing) berfungsi untuk mengelola data yang dinamis secara langsung atau real-time. Operational database ini memungkinkan para pengguna bisa melihat, melakukan dan memodifikasi data.

1. JSON

Java script object notation merupakan format file yang menggunakan file untuk transfer dan pengiriman data. Pada umumnya, format ini digunakan untuk pertukaran data seperti berkomunikasi secara cepat melalui web browser dan web server.

2. XML

Extensible markup language merupakan bahasa program markup yang diciptakan oleh konsorsium World Wide Web (W3C) dan memiliki aturan untuk memberikan 2 kode dokumen yang bisa dibaca oleh manusia dan komputer. XML akan menghasilkan format data berupa teks yang digunakan untuk mempresentasikan struktur database.

B. Database Warehouse

Database warehouse merupakan sistem berbasis data yang biasa digunakan untuk pelaporan dan analisis data. Database warehouse termasuk komponen inti dari business inteligence. Database warehouse berupa repositori sentral data terpadu dari satu atau lebih sumber yang berbeda. Database ini menyimpan data terkini dan historis dengan satu tempat yang digunakan untuk membuat laporan analisis.

Microsoft SQL Server

Microsoft SQL server merupakan produk perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk menyimpan dan mengambil data sesuai permintaan aplikasi lainnya. Hal ini memungkinkan berjalan baik menggunakan komputer yang sama atau komputer lain melalui jaringan internet.

C. Distributed Database

Distributed database merupakan basis data yang perangkat penyimpanannya tidak terpasang pada komputer yang sama. Database disimpan pada beberapa perangkat komputer yang berada di tempat yang sama atau tersebar melalui jaringan komputer lain yang saling berhubungan.

Sistem ini terdistribusi melalui situs yang tergabung dan tidak memiliki komponen fisik. Melalui administratornya, database bisa mendistribusikan kumpulan-kumpulan data pada beberapa lokasi yang berada di server jaringan terorganisir. Database yang terdistribusi bisa meningkatkan kinerja bagi end user dengan membiarkan transaksi melalui proses yang banyak sehingga tidak fokus pada satu mesin saja.

Microsoft Access (Office)

Microsoft access merupakan sistem DBMS yang menggabungkan microsoft jet database engine dengan alat pengembang perangkat lunak. Microsoft access menyimpan data dengan formatnya sendiri. Dengan software ini pengguna bisa mengimpor atau menghubungkan langsung ke data yang tersimpan di database lainnya.

D. Relational Database

Database relasional merupakan database yang mengorganisir berdasarkan model hubungan data.

1. MySQL

MySQL

MySQL merupakan sebuah sistem untuk manajemen database relasional.

2. PostgreSQL

PostgreSQL

PostgreSQL merupakan sistem pengelolaan database relasional yang berfungsi untuk menyimpan data dengan aman dan bisa mengembalikan data tersebut sebagai respon atas request dari aplikasi lainnya. Sistem ini bisa bekerja melalui aplikasi mesin tunggal kecil hingga aplikasi internet besar dengan pengguna yang banyak secara bersamaan.

3. MariaDB

MariaDB

MariaDB merupakan sistem yang dikembangkan oleh MySQL. Pengembangan ini bertujuan untuk mempertahankan kompatibilitas yang tinggi dari MySQL dan cocok dengan API MySQL beserta perintah-perintahnya. MariaDB memiliki mesin penyimpanan XtraDB untuk mengganti InnoDB.                                             

4. MongoDB

MongoDB merupakan software database yang berorientasi pada dokumen cross platform dan open source.

5. Oracle Database

E. End-User Database

SQLite

SQLite merupakan sistem manajemen basis data yang ada pada library pemrograman C. SQLite ini tertanam ke dalam program akhir sehingga cocok digunakan dalam mendukung penyimpanan data akhir end user. 

Posting Komentar

0 Komentar