Pengertian, Fungsi dan Jenis - jenis Cloud Computing

Cloud Computing

Cloud computing atau komputasi awan merupakan metode penyampaian berbagai layanan melalui internet. Contoh sumber daya yang dimaksud seperti penyimpanan data, jaringan, sever, database dan software. Jika dibandingkan dengan menyimpan banyak file di hard drive atau penyimpanan lokal di komputer maupun handphone, penyimpanan berbasis cloud memungkinkan kita menyimpan file selama memiliki akses internet.

Cloud computing memiliki banyak keuntungan, diantaranya biaya, kecepatan, performa, efisiensi, keamanan dan meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak perusahaan atau orang-orang yang menggunakan cloud untuk menyimpan data. Disebut cloud computing karena informasi di akses secara remote di “awan” atau ruangan virtual. Perusahaan yang menyediakan layanan cloud, memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan file dan aplikasi dari server jarak jauh.

Cloud computing bisa bersifat public atau private. Public cloud menyediakan layanannya secara public di internet. Sedangkan private cloud hanya menyediakan layanannya ke orang-orang tertentu. Selain itu, ada juga opsi hybrid yang mengombinasikan baik public cloud maupun private cloud.

Fungsi Cloud Computing

1. Meningkatkan Produktivitas

Akan ada lonjakan produktivitas dan efisiensi kerja ketika sebuah bisnis atau perusahaan memutuskan untuk mengadopsi teknologi cloud computing.

2. Mendapat Pembaruan Secara Berkala

Pembaruan merupakan salah satu fitur yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Biasanya cloud computing sudah mendapat pembaruan secara berkala sehingga tidak perlu bingung tentang hal ini.

3.  Fleksibilitas Akses Data

Seluruh infrastruktur cloud computing sudah berada di internet jadi dapat di akses dari mana saja. Hal ini pasti memberikan fleksibilitas yang sangat tinggi bagi para pengelola bisnis, karyawan maupun perusahaan.

4. Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan Data

Cloud computing memungkinkan untuk menyimpan berbagai jenis file dengan bantuan media internet. Dengan menggunakan cloud computing, maka otomatis kapasitas penyimpanan akan jauh lebih besar apabila dibandingkan ketika menggunakan harddisk, flashdisk dan lain-lain.

Contoh salah satu layanan cloud computing yang dapat digunakan untuk menyimpan dokumen yaitu Google Cloud.

Cloud computing sudah digunakan oleh beragam perusahaan mulai dari yang kecil hingga korporasi besar, perusahaan atau kementerian pemerintah dan pengguna individu. Selain itu, cloud computing juga mempunyai layanan seperti pemrosesan bahasa, program-program standar di pekerjaan dan kecerdasan buatan.

Jenis - jenis Cloud Computing

1. Software as a Service (SaaS)

SaaS mencantumkan suatu lisensi aplikasi perangkat lunak kepada penggunanya. Lisensi tersebut biasanya diberikan melalui metode pay-as-you-go atau on-demand yang ditemukan pada Microsoft Office’s 365

2. Infrastructure as a Service (IaaS)

IaaS mencantumkan metode untuk mengirimkan suatu file dari sistem operasi ke server dan penyimpanan melalui konektivitas berbasis IP sebagai bagian dari layanan on-demand. Klien jadi tidak perlu membeli perangkat lunak atau server. Cloud jenis ini yang populer yaitu public cloud dari Indonesian Cloud dan Microsoft Azure.

3. Platform as a Service (PaaS)

PaaS termasuk jenis cloud yang paling kompleks. PaaS mengirim suatu perangkat lunak via online. PaaS merupakan platform untuk membuat perangkat lunak yang dikirimkan melalui internet.

Cara Kerja Cloud Computing

Internet dijadikan sebagai pusat server dalam mengelola data oleh teknologi cloud computing. Sistem ini memudahkan pengguna untuk login ke internet supaya mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut.

Hal ini dikarenakan tidak perlu melakukan instalasi pada aplikasi, maka untuk media penyimpanan data dari pengguna juga disimpan secara virtual jadi tidak akan terbebani dengan penggunaan memori yang ada di komputer. Berbagai perintah yang digunakan oleh pengguna akan dilanjutkan ke server aplikasi.

Setelah perintah diterima oleh server aplikasi, maka data akan diproses yang akhirnya pengguna akan menerima halaman yang telah diperbarui sesuai dengan perintah yang telah diberikan sebelumnya. Contoh dari cloud computing misalnya Yahoo, PDF Gmail dan Google Drive.

Posting Komentar

0 Komentar