Pengertian, Fungsi dan Jenis Gateway

Gateway

Gateway merupakan suatu perangkat yang digunakan sebagai penghubung jaringan antara satu perangkat komputer dengan lainnya. Hal ini dikarenakan masing-masing perangkat memiliki protokol komunikasi yang berbeda, sehingga harus disambungkan melalui gateway tersebut.

Gateway bisa menjadi penghubung antara satu jaringan dengan jaringan lain meskipun jaringan tersebut memiliki arsitektur dan pola topologi yang berbeda. Selain itu, gateway juga bisa menghubungkan jaringan komputer yang besar dan kecil.

Nah, salah satu contoh perangkat dan jaringan internet gateway adalah router dan ISP (Internet Service Provider) yang memberikan akses ke seluruh jaringan WWW.

Perbedaan antara gateway, router dan switch yaitu router digunakan untuk merutekan paket data agar sampai ke gateway dan node yang merupakan jaringan tujuan yang benar. Sedangkan switch digunakan sebagai penentu jalur sebenarnya dari data yang keluar masuk dari gateway.

Internet gateway memiliki peran untuk memperluas fungsi dari router dengan melakukan terjemahan data dan konversi protokol. Switch, server dan firewall pun bisa dipergunakan sebagai gateway di tempat yang berbeda dengan menyesuaikan kebutuhan yang ada dan menerapkan cara yang sama.

Gateway bisa berupa perangkat lunak, perangkat keras, atau kombinasi keduanya. Pada umunya, gateway digunakan pada jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network).

Ketika sebuah komputer server bertindak sebagai gateway, perangkat itu akan beroperasi sebagai firewall dan server proxy pada jaringan tersebut.

Firewall bisa mencegah lalu lintas yang tidak diinginkan pada jaringan tersebut. Sedangkan, proxy memastikan server bisa menangani semua permintaan Anda.

Fungsi Gateway

Konversi Protokol

Salah satu fungsi utama dari gateway adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan dengan protokol yang berbeda dan memastikan bahwa semua jaringan dan perangkat dengan protokol yang berbeda-beda ini bisa terhubung dengan baik.

Selain itu juga bisa diimplementasikan pada tiap tingkat berbeda di model jaringan OSI (open system interconnection).

Meningkatkan Kinerja Komputasi

Gateway bisa digunakan untuk meningkatkan performa dan stabilitas komputasi sebuah perusahaan dan organisasi, memberikan serta membagi tugas komputasi berlebih pada suatu perangkat ke komputer lain yang ada pada sistem jaringan tersebut.

Memudahkan Akses Informasi

Gateway berguna untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan akses terhadap informasi yang diinginkan karena dua komputer tersebut sudah tersambung untuk saling bertukar data dan informasi. Anda tidak akan bisa mengakses dan membuka informasi yang ada di internet dengan mudah tanpa adanya gateway.

Memudahkan Pengaturan Data

Sebuah lingkup perusahaan atau organisasi yang bergantung pada sistem komputer, penggunaan gateway sangat penting guna memastikan proses bisnis agar bisa berjalan dengan lancar.

Gateway membantu administrator untuk mengelola dan mengatur berbagai data antar jaringan komputer dengan lebih mudah karena semua perangkat di dalamnya akan saling terhubung.

Hardware sharing

Gateway bisa dipergunakan untuk berbagi perangkat keras (hardware sharing). Pada sebuah jaringan kantor atau yang lain terdapat satu printer yang ingin di pakai bersama-sama oleh orang-orang di ruangan itu, sehingga bisa dilakukan menggunakan sistem gateway.

Jenis – Jenis Gateway

Internet of Things

Gateway jenis ini merupakan penggabungan data sensor yang berasal dari semua jenis perangkat IoT. Setelah itu dilakukan proses penerjemahan dua atau lebih protocol sebelum data di kirim ke jaringan layanan cloud. Berdasarkan fungsinya, gateway IoT bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan cloud berbasis IoT dengan aplikasi para penggunanya.

Network

Network gateway merupakan jenis yang sangat umum karena menyediakan tampilan atau interface antara dua jaringan yang berbeda dan beroperasi menggunakan protokol yang berbeda pula. Apabila gateway disebutkan tanpa menentukan jenisnya, biasanya merujuk ke network.

Cloud Storage

Cloud storage gateway merupakan node jaringan atau server yang menjadi penerjemah dari permintaan penyimpanan dengan panggilan API layanan penyimpanan cloud yang berbeda, di antaranya SOAP (Simple Object Access Protocol) dan REST (Representational State Transfer). Adanya cloud storage, integrasi penyimpanan cloud pribadi ke dalam aplikasi bisa terfasilitasi tanpa memerlukan transfer aplikasi melalui public cloud atau apapun itu, sehingga komunikasi data bisa disederhanakan. Jadi, komunikasi antar data bisa jauh lebih sederhana.

VoIP trunk

VoIP trunk gateway digunakan untuk memfasilitasi proses pertukaran data antar perangkat Public Switched Telephone Network (PSTN) dengan Voice Over Internet Protocol (VoIP). Adanya perangkat ini para pengguna PSTN bisa tersambung dalam jaringan VoIP tanpa adanya operator.

Jenis Gateway Berdasarkan Arah Aliran Data

Unidirectional

Aliran ini memungkinkan semua data mengalir hanya dalam satu arah. Unidirectional digunakan sebagai alat pengarsipan.

Bidirectional

Aliran gateway jenis ini memungkinkan data mengalir ke kedua arah. Bidirectional digunakan sebagai alat sinkronisasi.

Posting Komentar

0 Komentar