Big Data - Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Big Data

Big data merupakan sekumpulan data dalam skala besar yang terdiri dari data terstruktur, semi-terstruktur dan tidak terstruktur yang dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Big data memiliki tiga karakteristik yang disebut dengan Three V atau tiga V.

Three V

Three V merupakan karakteristik yang harus ada dalam sebuah big data. Three V terdiri dari volume, velocity dan variety.

1. Volume

Ukuran dari data mempunyai peranan penting karena big data sendiri berarti data dengan ukuran yang besar. Sebuah data bisa dikategorikan sebagai big data atau bukan tergantung dari volume data. Oleh karena itu, volume merupakan aspek yang perlu dipertimbangkan dalam menangani big data.

Baca juga : Apa itu Big Data?

2. Velocity

Velocity mengacu pada kecepatan data. Seberapa cepat data dapat dihasilkan, diproses dan dianalisis untuk memenuhi suatu kebutuhan. Selain pengumpulan data yang harus cepat, kecepatan transfer data juga sangat berpengaruh, apalagi dalam proses pengiriman data. Apabila big data mempunyai kecepatan yang memungkinkan, maka data bisa diterima atau digunakan secara langsung.

3. Variety

Variety dapat diartikan sebagai beragamnya jenis data yang dimiliki oleh big data. Seiring berkembangnya big data, banyak data baru dengan bentuk data yang semi terstruktur dan tidak terstruktur meskipun biasanya tipe data tradisional lebih terstruktur, seperti teks atau data yang berupa audio dan video. Data tersebut membutuhkan proses tambahan agar arti dari data dapat diketahui.

Big data harus memiliki ketiga karateristik di atas. Kumpulan data tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai big data apabila salah satu dari ketiga karakteristik di atas tidak terpenuhi.

Ada dua karakteristik tambahan yang dimiliki big data, yaitu value dan veracity.

1. Value

Value mempunyai arti makna atau nilai. Sebuah data bisa disebut mempunyai value apabila hasil dari pemrosesan data tersebut bisa membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

2. Veracity

Veracity mengacu pada tingkat akurasi dalam pengumpulan data dan seberapa akurat data tersebut. Pengambilan keputusan akan lebih baik dan maksimal dengan data yang mempunyai tingkat keakuratan yang tinggi.

Fungsi Big Data

1. Big data bisa digunakan untuk memprediksi atau menganalisis penyebab suatu masalah yang terjadi pada sistem. Manfaat dari big data ini bisa meminimalisir adanya kegagalan. Hasilnya bisa digunakan dan ditampilkan secara langsung.

2. Big data bisa menjadi referensi untuk mengembangkan sebuah produk. Informasi yang sekiranya diperlukan akan disimpan ke dalam big data dan hasilnya bisa menjadi dasar untuk mengambil keputusan yang tepat untuk pengembangan sebuah bisnis.

3. Big data bisa mengurangi waktu dan biaya. Penggunaan big data untuk penyimpanan data akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, proses mengirim dan menerima data bisa lebih cepat.

Cara Kerja Big Data

Di dalam big data terdapat data dalam jumlah besar dan sangat bervariasi yang biasanya menggunakan penyimpanan data besar seperti NoSQL, Cloud dan Hadoop. Data yang tersimpan dikumpulkan melalui berbagai sumber dalam format mentah yang kemudian disaring dan diolah agar bisa tampil sesuai kebutuhan untuk penggunaan program analitik tertentu. Data dalam big data bisa disaring terlebih dahulu menggunakan program pengumpulan dan pengolahan data tertentu sehingga bisa dipakai langsung untuk menganalisis. Pemrosesan big data memerlukan daya komputasi yang besar. Biasanya pemrosesan tersebut dilakukan dan didistribusikan ke beberapa perangkat menggunakan skema jaringan komputer atau cloud. Setelah data tersimpan dan berhasil diolah, maka seorang analis data yang akan menganalisisnya menggunakan aplikasi analitik.

Pada proses analisisnya akan dilakukan serangkaian upaya untuk mengartikulasikan big data tersebut. Biasanya analis data akan melakukan penyaringan, validasi dan transformasi pada kumpulan data tersebut. Setelah data dikumpulkan dan disiapkan, maka aplikasi yang menyediakan fitur untuk menganalisis data besar, termasuk aplikasi pembelajaran mendalam, analisis statistik, pemodelan prediktif akan mulai dijalankan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar