Apa Itu User Interface (UI)?

User Interface

User interface merupakan tampilan visual sebuah produk yang menghubungkan sistem dengan pengguna. Sistem ini dapat berupa website, aplikasi atau yang lainnya. Tampilan dari user interface meliputi bentuk, warna dan tulisan yang di desain semenarik mungkin. Hal ini dikarenakan user interface merupakan tampilan sebuah produk yang dilihat oleh pengguna, jadi harus tampak menarik.

Ada 4 komponen dasar pembentuk user interface, antara lain :

1. Tata letak yang berfungsi sebagai penempatan elemen UI yang digunakan

2. Warna dari desain interface secara umum

3. Tipografi berupa kombinasi huruf yang digunakan pada user interface

4. Grafik berupa ikon yang digunakan sebagai ilustrasi penggunaan sistem

Jenis User Interface

User interface dapat berupa hardware atau pun software. User interface dalam bentuk hardware seperti keyboard, camera, monitor, mouse, printer dan lain sebagainya. Sedangkan user interface pada software atau website sebagai berikut :

1. Form-based UI merupakan tampilan antarmuka yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam program atau aplikasi yang menawarkan pilihan terbatas.

2. Graphical UI merupakan perangkat input yang bisa menghasilkan output berupa visual, seperti keyboard dan monitor.

3. Menu-driven UI merupakan UI yang menggunakan daftar pilihan supaya dapat menavigasi program atau web. Contohnya pada ATM yang menggunaakn menu-driven UI sehingga user bisa menggunakannya dengan mudah.

4. Touch UI merupakan antarmuka yang dapat dioperasikan dengan sentuhan. UI jenis ini bisa ditemukan pada sebagian besar smartphone, tablet atau perangkat apapun yang menggunakan layar sentuh dengan input haptic.

5. Voice UI merupakan bentuk perangkat yang menggunakan perintah auditori atau suara supaya terjadi interaksi antara manusia dan mesin. Misalnya pada GPS dan perangkat virtual assistant.

Fungsi User Interface

1. Meningkatkan penjualan perusahaan

2. Mempercepat progres pertumbuhan bisnis

3. Memberikan struktur informasi yang jelas dan mumpuni

4. Meningkatkan kualitas estetika di dalam situs atau aplikasi

Karakteristik User Interface

1. Jelas dan ringkas

UI yang jelas menjadikan orang-orang dapat menggunakan dan berinteraksi dengan sistem dengan mudah.

2. Familiar 

Familiar merupakan sesuatu yang sudah pernah dilihat sebelumnya. Kalau Anda familiar dengan sesuatu, Anda pasti tahu kan apa yang harus dilakukan? Coba pikirkan hal-hal apa yang sudah pasti familiar bagi user website Anda dan masukkan hal-hal ini ke desain web Anda.

3. Responsif 

Pertama, responsive berarti cepat. Interface website kamu harus bisa bekerja dengan cepat. Kalau kamu perlu menunggu sebuah website loading lama pasti kamu juga malas kan. Jika interface kamu bisa loading dengan cepat tentunya user experience kamu juga akan semakin baik.

Arti lain dari responsive pada UI juga harus bisa memberitahu user apa yang sedang terjadi di halaman itu. Misalnya, jika seorang user mengklik suatu tombol di website kamu, apakah mereka sudah berhasil menekan tombol tersebut? Mungkin text pada tombol kamu bisa menjadi kata “loading” jika mereka sudah berhasil menekan tombolnya. Bisa juga kamu menggunakan progress bar seperti loading Gmail sebagai indikator kalau website sedang loading.

4. Konsisten

Konsistensi pada interface dapat membantu user untuk mengerti pola. Dari satu interface, mereka bisa mempelajari apa kegunaan tombol, tabs, icons, dan berbagai elemen yang ada pada interface tersebut.

5. Menarik

Dalam arti, interface yang dibuat menarik untuk digunakan.

Posting Komentar

0 Komentar