ESP32/ESP8266 Masukkan Data ke Database MySQL menggunakan PHP dan Arduino IDE

Dalam proyek ini Anda akan membangun klien ESP32 atau ESP8266 yang membuat permintaan HTTP POST ke skrip PHP untuk memasukkan data (pembacaan sensor) ke dalam database MySQL.

Anda juga akan memiliki halaman web yang menampilkan pembacaan sensor, stempel waktu, dan informasi lain dari database. Anda dapat memvisualisasikan data Anda dari mana saja di dunia dengan mengakses server Anda sendiri.

Sebagai contoh, kami akan menggunakan sensor BME280 yang terhubung ke papan ESP. Anda dapat memodifikasi kode yang disediakan untuk mengirim bacaan dari sensor yang berbeda atau menggunakan beberapa papan.

Untuk membuat proyek build ini, Anda akan menggunakan teknologi berikut:

    • ESP32 atau ESP8266 diprogram dengan Arduino IDE

    • Server hosting dan nama domain

    • Skrip PHP untuk memasukkan data ke MySQL dan menampilkannya di halaman web

    • Database MySQL untuk menyimpan bacaan

1. Hosting Aplikasi PHP dan Database MySQL Anda

Tujuan dari proyek ini adalah untuk memiliki nama domain dan akun hosting Anda sendiri yang memungkinkan Anda untuk menyimpan pembacaan sensor dari ESP32 atau ESP8266. Anda dapat memvisualisasikan bacaan dari mana saja di dunia dengan mengakses domain server Anda sendiri. Berikut ini ikhtisar tingkat tinggi:

Saya sarankan menggunakan salah satu layanan hosting berikut yang dapat menangani semua persyaratan proyek:

    Bluehost (mudahdigunakan dengan cPanel): nama domain gratis saat Anda mendaftar untuk paket 3 tahun. Saya sarankan memilih opsi situs web tak terbatas;

    Digital Ocean: Server Linux yang Anda kelola melalui baris perintah. Saya hanya merekomendasikan opsi ini untuk pengguna tingkat lanjut.

Kedua layanan tersebut adalah yang saya gunakan dan rekomendasikan secara pribadi, tetapi Anda dapat menggunakan layanan hosting lainnya. Setiap layanan hosting yang menawarkan PHP dan MySQL akan bekerja dengan tutorial ini. Jika Anda tidak memiliki akun hosting, saya sarankan untuk mendaftar ke Bluehost.

Dapatkan Hosting danNama Domain dengan Bluehost »

Saat membeli akun hosting, Anda juga harus membeli nama domain. Inilah yang membuat proyek ini menarik: Anda dapat membuka nama domain Anda (http://example-domain.com) dan melihat pembacaan ESP Anda.

Jika Anda menyukai proyek kami, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendaftar ke salah satu layanan hosting yang direkomendasikan, karena Anda akan mendukung pekerjaan kami.

Catatan: Anda juga dapat menjalankan server LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) di Raspberry Pi untuk mengakses data di jaringan lokal Anda. Namun, tujuan dari tutorial ini adalah untuk mempublikasikan bacaan dalam nama domain Anda sendiri yang dapat Anda akses dari mana saja di dunia. Ini memungkinkan Anda mengakses pembacaan ESP dengan mudah tanpa bergantung pada platform IoT pihak ketiga.

2. Mempersiapkan Database MySQL Anda

Setelah mendaftar untuk akun hosting dan menyiapkan nama domain, Anda dapat masuk ke cPanel atau dasbor serupa. Setelah itu, ikuti langkah selanjutnya untuk membuat database, nama pengguna, kata sandi, dan tabel SQL Anda.

Membuat database dan pengguna

1. Ketik "database" di bilah pencarian dan pilih "MySQL Database Wizard".

2. Masukkan nama Database yang Anda inginkan. Dalam kasus saya, nama databasenya adalah esp_data. Kemudian, tekan tombol "Langkah Berikutnya":

Catatan: nanti Anda harus menggunakan nama basis data dengan awalan yang diberikan host Anda (awalan basis data saya pada tangkapan layar di atas kabur). Saya akan menyebutnya sebagai example_esp_data mulai sekarang.

3. Ketik nama pengguna Database Anda dan atur kata sandi. Anda harus menyimpan semua detail itu, karena Anda akan membutuhkannya nanti untuk membuat koneksi database dengan kode PHP Anda.

Itu dia! Database dan pengguna baru Anda berhasil dibuat. Sekarang, simpan semua detail Anda karena Anda akan membutuhkannya nanti:

    Nama basis data: example_esp_data

     Nama pengguna: example_esp_board

    Kata sandi: kata sandi Anda

Membuat tabel SQL

Setelah membuat database dan pengguna Anda, kembali ke dashboard cPanel dan cari “phpMyAdmin”.

Di bilah sisi kiri, pilih nama database Anda example_esp_data dan buka tab "SQL".

Penting: pastikan Anda telah membuka database example_esp_data. Kemudian, klik tab SQL. Jika Anda tidak mengikuti langkah-langkah tepat ini dan menjalankan kueri SQL, Anda mungkin membuat tabel di database yang salah.

Salin kueri SQL dalam cuplikan berikut:

Rekatkan di bidang kueri SQL (disorot dengan persegi panjang merah) dan tekan tombol "Go" untuk membuat tabel Anda:

Setelah itu, Anda akan melihat tabel yang baru dibuat bernama SensorData di database example_esp_data seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

3. PHP Script HTTP POST – Memasukkan Data ke Database MySQL

Di bagian ini, kita akan membuat skrip PHP yang bertanggung jawab untuk menerima permintaan masuk dari ESP32 atau ESP8266 dan memasukkan data ke dalam database MySQL.

Jika Anda menggunakan penyedia hosting dengan cPanel, Anda dapat mencari “File Manager”:

Kemudian, pilih opsi public_html dan tekan tombol “+ File” untuk membuat file .php baru.

Catatan: jika Anda mengikuti tutorial ini dan Anda tidak terbiasa dengan PHP atau MySQL, saya sarankan untuk membuat file yang sama persis ini. Jika tidak, Anda harus memodifikasi sketsa ESP yang disediakan dengan jalur URL yang berbeda.

Buat file baru di /public_html dengan nama dan ekstensi persis ini: post-esp-data.php

Edit file yang baru dibuat (post-esp-data.php) dan salin cuplikan berikut:




Sebelum menyimpan file, Anda perlu memodifikasi variabel $dbname, $username dan $password dengan detail unik Anda:

Setelah menambahkan nama database, username dan password, simpan file dan lanjutkan dengan tutorial ini. Jika Anda mencoba mengakses nama domain Anda di jalur URL berikutnya, Anda akan melihat yang berikut:


4. Skrip PHP – Menampilkan Konten Basis Data

Buat file PHP lain di direktori /public_html yang akan menampilkan semua konten database di halaman web. Beri nama file baru Anda: esp-data.php

Edit file yang baru dibuat (esp-data.php) dan salin kode berikut:




Setelah menambahkan $dbname, $username dan $password simpan file dan lanjutkan dengan proyek ini.

Jika Anda mencoba mengakses nama domain Anda di jalur URL berikut, Anda akan melihat yang berikut:

Itu dia! Jika Anda melihat tabel kosong tercetak di browser Anda, itu berarti semuanya sudah siap. Di bagian berikutnya, Anda akan mempelajari cara memasukkan data dari ESP32 atau ESP8266 ke dalam database.

5. Mempersiapkan ESP32 atau ESP8266 Anda

Proyek ini kompatibel dengan papan ESP32 dan ESP8266. Anda hanya perlu merakit sirkuit sederhana dan mengunggah sketsa yang disediakan untuk memasukkan suhu, kelembapan, tekanan, dan lainnya ke dalam basis data Anda setiap 30 detik.

Bagian yang Diperlukan

Untuk contoh ini kita akan mendapatkan pembacaan sensor dari sensor BME280. Berikut daftar bagian yang Anda butuhkan untuk membangun sirkuit untuk proyek ini:

    Papan ESP32 (baca papan dev ESP32 Terbaik)

    • Alternatif – Papan ESP8266 (baca papan dev ESP8266 Terbaik)

    Sensor BME280

    Kabel jumper

    Breadboard

Skema

Modul sensor BME280 yang kami gunakan berkomunikasi melalui protokol komunikasi I2C, jadi Anda perlu menghubungkannya ke pin ESP32 atau ESP8266 I2C.

Kabel BME280 ke ESP32

Pin ESP32 I2C adalah:

    GPIO 22: SCL (SCK)

    GPIO 21: SDA (SDI)

Jadi, rakit sirkuit Anda seperti yang ditunjukkan pada diagram skema berikut (baca Panduan lengkap untuk ESP32 dengan BME280).

Kabel BME280 ke ESP8266

Pin ESP8266 I2C adalah:

    GPIO 5 (D1): SCL (SCK)

     GPIO 4 (D2): SDA (SDI)

Rakit sirkuit Anda seperti pada diagram skema berikutnya jika Anda menggunakan papan ESP8266 (baca Panduan lengkap untuk ESP8266 dengan BME280).

Kode ESP32/ESP8266

Kami akan memprogram ESP32/ESP8266 menggunakan Arduino IDE, jadi Anda harus menginstal add-on ESP32/ESP8266 di Arduino IDE Anda. Ikuti salah satu tutorial berikutnya tergantung pada papan yang Anda gunakan:

    Instal Papan ESP32di Arduino IDE – Anda juga perlu menginstal Perpustakaan BME280 danperpustakaan Adafruit_Sensor

    Instal BoardESP8266 di Arduino IDE – Anda juga perlu menginstal Library BME280 dan libraryAdafruit_Sensor

Setelah menginstal add-on papan yang diperlukan, salin kode berikut ke Arduino IDE Anda, tetapi jangan mengunggahnya dulu. Anda perlu membuat beberapa perubahan untuk membuatnya bekerja untuk Anda.






Mengatur kredensial jaringan Anda

Anda perlu mengubah baris berikut dengan kredensial jaringan Anda: SSID dan kata sandi. Kode dikomentari dengan baik di mana Anda harus membuat perubahan.

Menyetel nama server Anda

Anda juga perlu mengetikkan nama domain Anda, sehingga ESP menerbitkan bacaan ke server Anda sendiri.

Sekarang, Anda dapat mengunggah kode ke papan Anda. Ini harus bekerja langsung baik di papan ESP32 atau ESP8266. Jika Anda ingin mempelajari cara kerja kode, baca bagian selanjutnya.

Cara Kerja Kode

Proyek ini sudah cukup lama, jadi kami tidak akan membahas secara detail cara kerja kode, tetapi inilah ringkasan singkatnya:

    • Impor semua perpustakaan untuk membuatnya berfungsi (itu akan mengimpor perpustakaan ESP32 atau ESP8266 berdasarkan papan yang dipilih di Arduino IDE Anda)

    • Setel variabel yang mungkin ingin Anda ubah (apiKeyValue, sensorName, sensorLocation)

    • apiKeyValue hanyalah string acak yang dapat Anda modifikasi. Ini digunakan untuk alasan keamanan, jadi hanya siapa pun yang mengetahui kunci API Anda yang dapat memublikasikan data ke database Anda

    • Inisialisasi komunikasi serial untuk keperluan debugging

    • Buat koneksi Wi-Fi dengan router Anda

    • Inisialisasi BME280 untuk mendapatkan bacaan

Kemudian, di loop() adalah tempat Anda benar-benar membuat permintaan HTTP POST setiap 30 detik dengan pembacaan BME280 terbaru:

Anda dapat mengomentari variabel httpRequestData di atas yang menggabungkan semua pembacaan BME280 dan menggunakan variabel httpRequestData di bawah ini untuk tujuan pengujian:

Demonstrasi

Setelah menyelesaikan semua langkah, biarkan papan ESP Anda mengumpulkan beberapa bacaan dan mempublikasikannya ke server Anda.

Jika semuanya benar, inilah yang akan Anda lihat di Serial Monitor Arduino IDE Anda:

Jika Anda membuka nama domain Anda di jalur URL ini:

Anda akan melihat semua bacaan yang tersimpan di database Anda. Refresh halaman web untuk melihat bacaan terbaru:

Anda juga dapat membuka phpMyAdmin untuk mengelola data yang disimpan di tabel SensorData Anda. Anda dapat menghapusnya, mengedit, dll ...

Membungkus

Dalam tutorial ini Anda telah mempelajari cara memublikasikan data sensor ke dalam database di domain server Anda sendiri yang dapat Anda akses dari mana saja di dunia. Ini mengharuskan Anda memiliki server dan nama domain Anda sendiri (Anda dapat menggunakan Raspberry Pi untuk akses lokal).

Contoh yang diberikan sesederhana mungkin sehingga Anda dapat memahami cara kerja semuanya. Setelah memahami contoh ini, Anda dapat mengubah tampilan tabel, memublikasikan pembacaan sensor yang berbeda, memublikasikan dari beberapa papan ESP, dan banyak lagi.

Anda mungkin juga suka membaca:

    [Kursus] Belajar ESP32 dengan Arduino IDE

    ESP32Memublikasikan Pembacaan Sensor ke Google Spreadsheet (Kompatibel denganESP8266)

    ESP32 BluetoothClassic dengan Arduino IDE – Memulai

    Server Web ESP32dengan Arduino IDE

Sumber : randomnerdtutorials.com

Posting Komentar

0 Komentar