Akses Dasbor Node-RED dari Mana Saja menggunakan Digital Ocean

Panduan ini menjelaskan cara menginstal perangkat lunak Node-RED di Linux Ubuntu VM (Virtual Machine) menggunakan Digital Ocean. Menjalankan Node-RED di cloud memungkinkan Anda mengakses Dasbor Node-RED Anda dari mana saja.

Anda juga dapat menginstal MQTT Mosquitto Broker di VM Anda untuk menghubungkan beberapa papan ESP32/ESP8266 dan perangkat IoT lainnya dari mana saja menggunakan jaringan berbeda dengan koneksi Internet.

Memperkenalkan Node-RED

Node-RED adalah alat yang ampuh untuk membangun aplikasi Internet of Things (IoT) menggunakan pemrograman visual: menghubungkan blok kode (node) bersama-sama untuk melakukan tugas. Node-RED menyediakan dashboard (Node-RED dashboard) yang dapat digunakan sebagai platform Home Automation untuk berinteraksi dengan perangkat IoT untuk mengontrol output dan memonitor sensor.

Anda dapat dengan mudah menjalin komunikasi dengan Node-RED dan papan ESP32/ESP8266 Anda menggunakan permintaan HTTP atau MQTT, misalnya.

Apa keuntungan menginstal Node-RED di cloud (layanan hosting Digital Ocean) dan bagaimana cara kerjanya? Ini contohnya.

Ikhtisar ESP32 ESP8266 Digital Ocean Node-RED

    • Anda memiliki perangkat lunak Node-RED dan dasbor Node-RED yang terinstal di Digital Ocean.

    • ESP32 dapat berkomunikasi dengan Node-RED selama terhubung ke router dengan akses ke internet.

    • ESP32 dapat mengirim pembacaan sensor ke Node-RED dan/atau Anda dapat mengontrol outputnya dengan mengakses dasbor.

    • Anda dapat mengakses dasbor Node-RED menggunakan komputer atau ponsel cerdas Anda dari mana saja di dunia.

    • Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol dan memantau satu atau beberapa papan ESP32/ESP8266 dari mana saja.

Layanan Hosting – Digital Ocean

Untuk menjalankan Cloud MQTT Mosquitto Broker, Anda perlu menggunakan layanan hosting yang memungkinkan Anda memiliki akses ke baris perintah dan menginstal perangkat lunak apa pun yang Anda butuhkan. Saya sarankan menggunakan Digital Ocean yang menawarkan server Ubuntu yang dapat Anda kelola melalui baris perintah.

Saya telah menggunakannya sejak 2015 dan saya pribadi merekomendasikannya, tetapi Anda dapat menggunakan layanan hosting lainnya. Layanan hosting apa pun yang menawarkan VM Linux Ubuntu dengan akses konsol penuh akan berfungsi.

Jika Anda tidak memiliki akun hosting, saya sarankan untuk mendaftar ke Digital Ocean. Saat Anda mendaftar ke Digital Ocean, Anda dapat mencobanya selama 60 hari (mereka memberi Anda kredit gratis untuk menguji platform).

    Ambil Linux Ubuntu VM di Digital Ocean »

Jika Anda menyukai proyek kami, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendaftar ke layanan hosting yang direkomendasikan, karena Anda akan mendukung pekerjaan kami.

Catatan: Anda juga dapat menjalankan Node-RED di jaringan lokal Anda menggunakan papan Raspberry Pi. Namun, tujuan dari tutorial ini adalah untuk menjalankan Node-RED di cloud untuk berkomunikasi dengan board (atau perangkat IoT lainnya) di berbagai jaringan.

Membuat Akun Digital Ocean

Untuk membuat Akun Digital Ocean, buka Digital Ocean dan tekan tombol “Sign Up”.

Buat akun Anda, dan Anda akan menerima kredit $100 yang dapat Anda gunakan selama 60 hari untuk menguji platform. Anda mungkin perlu memasukkan kartu kredit yang valid, tetapi Anda dapat membatalkan akun Anda kapan saja jika Anda tidak lagi tertarik menggunakan layanan ini setelah uji coba gratis 60 hari. Selesaikan pembuatan akun menggunakan metode pilihan Anda (saya selalu menggunakan opsi Email ).

Konfirmasi akun dan login Anda, Anda akan melihat Dashboard serupa.

Buat Tetesan (Linux Ubuntu VM)

Untuk membuat VM baru, tekan tombol "Create" di sudut kanan atas dan pilih opsi "Droplets". Digital Ocean memanggil Droplets ke VM-nya.

Penting: jika Anda sudah menjalankan Droplet dengan MQTT Mosquitto Broker, Anda dapat melewati langkah berikut ini (membuat Droplet). Anda dapat menjalankan broker Node-RED dan Mosquitto MQTT di server yang sama.


Untuk panduan ini saya akan menggunakan Ubuntu 20.04 (LTS) x64, dan saya sarankan memilih opsi yang sama. Anda juga dapat menggunakan paket awal "Basic".

 

Di menu sumber daya VM, Anda dapat memilih paket termurah seharga $5/bulan. Bahkan dengan paket terendah, ia akan menjalankan Broker MQTT dan Node-RED dengan lancar.

Pilih lokasi pusat data Mesin Virtual yang lebih dekat dengan Anda, dalam kasus saya, saya telah menggunakan wilayah "London".

Buat kata sandi root yang memungkinkan Anda mengakses Droplet Anda (simpan kata sandi ini, karena Anda akan memerlukannya untuk mengakses server Anda).

Terakhir, pilih nama host untuk dengan mudah mengidentifikasi Mesin Virtual yang Anda gunakan. Saya menamai Droplet saya sebagai "mqtt-cloud-server". Itu saja, Anda hanya perlu menekan tombol hijau besar "Create Droplets" untuk menyelesaikan prosesnya.

Tunggu beberapa menit dan ketika bilah kemajuan berakhir, Droplet Anda sudah siap.

Mengakses Konsol VM Ubuntu Linux Anda

Saat Droplet Anda siap, buka server yang baru Anda buat (dalam kasus saya, ini disebut "mqtt-cloud-server").

Pilih menu "Access" dan tekan tombol "Launch Console".

Jendela browser baru akan terbuka di komputer Anda.

Ketik login Anda (root) dan kata sandi yang ditentukan sebelumnya, tekan tombol Enter untuk mengakses server Anda.

Ada langkah opsional, tetapi ini melampaui cakupan tutorial ini. Tidak diperlukan untuk membuat proyek ini berfungsi: siapkan server Anda dengan non-root, pengguna yang mendukung sudo dan firewall dasar dengan Pengaturan Server Awal ini dengan Ubuntu 20.04.

Memasang Node-RED

Mari kita instal perangkat lunak Node-RED.

Sebelum menginstal perangkat lunak, perbarui dan tingkatkan server Anda (ini akan memakan waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya).

Untuk menginstal Node-RED, Anda memerlukan npm:

Perintah berikutnya ini menginstal Node-RED sebagai modul global bersama dengan semua dependensinya.

Ketika proses instalasi selesai, Anda akan melihat pesan serupa:

Buka port pada firewall server Anda. Node-RED default menggunakan port 1880, jadi jalankan perintah berikut ini:

Anda dapat mengonfirmasi bahwa itu telah berhasil jika akhir dari output perintah terlihat mirip dengan:


Tunggu beberapa detik sementara semuanya dimuat, jika Anda pergi ke alamat IP Digital Ocean Droplet Anda diikuti dengan nomor port 1880:

Sebagai contoh:

Perangkat lunak Node-RED harus dimuat, seperti inilah tampilannya:

Di jendela konsol Anda, tekan tombol Ctrl+C untuk menghentikan Node-RED.

Autostart Node-RED saat Boot

Untuk membuat Node-RED autostart saat Anda mem-boot atau me-restart Mesin Virtual Anda, Anda perlu membuat file systemd baru untuk nodered.service:

Kemudian, tambahkan yang berikut ini (jika Anda menggunakan root, Anda dapat membiarkan file apa adanya – jika tidak, beri komentar root dan konfigurasikan opsi pengguna non-root):

File Anda akan terlihat seperti ini, simpan dan keluar (Ctrl+X, Y, tombol Enter).

Untuk mengaktifkan layanan Node-RED dan menjalankan file ini saat boot, masukkan perintah:

Mulai ulang Mesin Virtual Anda untuk menguji apakah Node-RED secara otomatis dimulai saat boot:

Tunggu sekitar 2 hingga 3 menit hingga server Anda memulai ulang sepenuhnya, ketika Anda membuka alamat IP server Anda, perangkat lunak Node-RED akan dimuat secara otomatis:



Itu dia! Perangkat lunak Node-RED Anda sudah disiapkan.

Mengamankan Perangkat Lunak Node-RED dengan Nama Pengguna dan Kata Sandi

Instal paket node-red-admin untuk membuatnya tersedia secara global:

Jalankan perintah berikutnya untuk membuat hash kata sandi:

Anda akan dimintai kata sandi. Ketik kata sandi yang Anda inginkan, tekan tombol Enter, dan hash akan dicetak di layar.

Salin string hash ke clipboard Anda dan buka file pengaturan Node-RED. Dalam kasus saya hashnya adalah:

Buka file settings.js:

Gulir ke bawah dan batalkan komentar pada blok adminAuth (dengan menghapus “// ” di depan setiap baris). Ubah nama pengguna menjadi apa pun yang Anda suka, dan tempel hash yang dibuat sebelumnya ke bidang kata sandi.

Pastikan Anda menghapus komentar dan mengganti bidang kata sandi dengan hash persis seperti yang diilustrasikan di atas, jika tidak melakukannya akan membuat tidak mungkin untuk masuk dan Anda harus mengulangi proses ini.

Keluar dari file dan simpan (Ctr+X, Y, Enter key). Mulai ulang server Anda untuk memastikan bahwa semua perubahan diterapkan:

Sekarang, ketika Anda mengakses perangkat lunak Node-RED Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna (default adalah admin) dan kata sandi yang ditentukan sebelumnya.


Setelah masuk, Anda akan diarahkan ke perangkat lunak Node-RED tempat Anda dapat membuat dan mengedit alur Anda. Anda juga memiliki menu di sudut kanan atas untuk logout.

Itu dia! Server Anda sudah siap dan Anda dapat menginstal Dasbor Node-RED atau menghubungkan Node-RED ke broker MQTT cloud Anda.

(Opsional) Mengambil Lebih Jauh – Sertifikat SSL Node-RED

Metode terbaik untuk menambahkan sertifikat SSL ke server Anda adalah dengan mengarahkan nama domain ke server Anda dan menggunakan sertifikat Let's Encrypt SSL.

    • Anda harus membeli nama domain dan mengarahkannya ke Digital Ocean Name Servers (seperti example.com).

    • Server web Nginx diinstal, dengan firewall yang diperbarui untuk mengizinkan lalu lintas pada port 80 dan 443, seperti yang dijelaskan dalam Cara Menginstal Nginx di Ubuntu (panduan itu juga berfungsi untuk versi 20.04)

    • Mari Enkripsi diinstal, dan sertifikat dibuat untuk nama domain (seperti example.com). Cara Mengamankan Nginx dengan Let's Encrypt di Ubuntu 20.04. Anda dapat mengabaikan langkah 3-5 mengenai konfigurasi Nginx, karena kami akan membahasnya selanjutnya.

Setelah prasyarat tersebut selesai, buka konfigurasi Nginx baru untuk situs tersebut (ganti jalur dengan nama domain Anda).

Salin dan tempel berikut ini ke file baru. Anda perlu mengubah nama domain dan jalur sertifikat:

Ubah teks example.com menjadi nama domain Anda sendiri:

Setelah selesai mengedit file, simpan dan keluar dari editor (Ctrl+X, Y, Enter). Muat ulang Nginx untuk mengambil konfigurasi baru.

Terakhir, mulai ulang server Anda:

Tunggu beberapa menit untuk memulai kembali. Terakhir, navigasikan ke server Anda: http://example.com. Anda harus diarahkan ke https://example.com (perhatikan https) dan lihat halaman login perangkat lunak Node-RED. Ini berarti kami sekarang mem-proxy Node-RED melalui Nginx.

Membungkus

Panduan lengkap ini telah diuji dan harus berfungsi, namun ada banyak langkah dan harus diikuti persis seperti yang kami jelaskan, jika tidak, sesuatu mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Dalam semua panduan dan proyek kami, kami selalu berusaha membantu jika ada yang terjebak. Namun, dalam kasus khusus ini, ada begitu banyak langkah sehingga sangat sulit untuk membantu Anda tanpa memiliki akses ke server dan mengujinya (tentu saja, kami tidak memiliki sumber daya untuk membantu semua orang secara pribadi).

Jika Anda memiliki masalah dalam menginstal broker Mosquitto MQTT, menyiapkan server Linux Ubuntu Anda, menjalankan Node-RED, menginstal sertifikat SSL, hubungi dukungan Digital Ocean dan jelaskan dengan tepat apa yang terjadi. Saya telah menggunakan layanan mereka sejak 2015 dan mereka selalu memiliki tim dukungan yang sangat membantu (atau cukup gunakan Forum mereka).

Sekarang, jika Anda ingin menginstal Mosquitto MQTT Broker di Digital Ocean, ikuti tutorial berikutnya: JalankanCloud MQTT Mosquitto Broker Anda (akses dari mana saja menggunakan DigitalOcean).

Baca panduan selanjutnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang Node-RED:

    Dasbor Node-RED – Memulai

    ESP32 MQTT – Publikasikan danBerlangganan dengan Arduino IDE

    ESP32 MQTT – Publikasikan Pembacaan SensorBME280 (Arduino IDE)

Sumber : randomnerdtutorials.com

Posting Komentar

0 Komentar