Program PHP untuk Penerimaan dan Penampilan Data



Pada bagian ini terdapat beberapa bagian file yang akan dibuat, yaitu file koneksi.php, add.php dan tampil.php. Namun, sebelum membuat file-file tersebut buat dahulu folder untuk menyimpan file-file tersebut di htdocs. Pada contoh kasus ini folder penyimpanan diberi nama "tes".

Setelah selesai buka texteditor Notepad++ untuk membuat file koneksi.php, add.php dan tampil.php. File koneksi.php  berfungsi untuk menghubungkan program yang dibuat dengan database yang ditunjuk. Berikut ini contoh program dengan nama file koneksi.php.

Gambar 1.1 Isi file koneksi.php

Penjelasan Program :

Fungsi mysql_connect digunakan untuk membuka koneksi dengan server yang di dalamnya terdapat konfigurasi untuk host, user dan password. Host yang digunakan adalah localhost dan user yang digunakan adalah root. Fungsi mysql_select_db digunakan untuk memilih database yang akan digunakan dan nama dari database yang akan digunakan adalah "espclient". Pada bagian selanjutnya, diperiksa apakah $koneksi bernilai true atau false. Jika true (koneksi berhasil) maka tidak menampilkan apa-apa, jika false (koneksi gagal) maka akan ditampilkann kalimat "koneksi gagal". Jika pada PHP yang digunakan adalah PHP 6 maka ganti baris 2 dan 3 menjadi :

Selanjutnya untuk menguji kode program di atas, lakukan langkah-langkah berikut :

1. Pastikan Apache dan MySQL sudah dijalankan pada XAMPP Control Panel.

2. Bukalah browser.

3. Pada address bar ketikkan "localhost/tes/koneksi.php" kemudian tekan tombol Enter.

Gambar 1.2. di bawah ini menunjukkan hasil langkah-langkah dari pengujian di atas.

Gambar 1.2 Hasil pengujian koneksi ke database

Setelah berhasil melakukan pengujian di atas maka isi program tersebut sudah benar siap untuk digunakan. Namun, sebelum digunakan ubah terlebih dahulu bagian echo "koneksi berhasil"; menjadi echo ""; agar saat koneksi berhasil dilakukan tidak menampilkan apa-apa.

Bagian selanjutnya, dari halaman untuk web yang akan dibuat adalah file add.php yang berfungsi untuk menampung string yang dikirimkan oleh modul WiFi ESP8266-01 ke server kemudian menyimpannya ke dalam database. Gambar 1.2. di bawah ini menunjukkan isi dari file add.php.

Penjelasan Program :

1. Di bagain awal program pada baris 2 disertakan file koneksi.php untuk membuka koneksi dan memilih database yang akan digunakan.

2. Di baris 4 dan baris 5 data suhu dan kelembaban yang dikirimkan dari modul WiFi ESP8266-01 akan disimpan ke dalam variabel suhu dan kelembaban.

3. Pada baris 7 masuk ke dalam percabangan dan memeriksa apakah variabel suhu sudah terbentuk. Jika variabel tersebut sudah terbentuk, maka isi variabel suhu dan kelembaban akan disimpan ke dalam database di tabel datask yang ditunjukkan pada baris 8.

4. Pada baris 9 query dari baris 9 akan dieksekusi dan jika berhasil maka variabel result akan bernilai TRUE atau 1.

5. Baris 10 adalah baris lanjutan dari percabangan pada 7. Baris ini beserta statement-nya akan dieksekusi jika variabel suhu tidak terbentuk.

6. Pada baris 15 variabel result akan diperiksa untuk menunjukkan apakah data berhasil dimasukkan ke tabel datask atau tidak.

7. Baris 18 berfungsi saat alamat dari halaman ini dibuka maka otomatis yang akan tampil adalah halaman tampil.php yang akan menampilkan record tabel datask.

Untuk menguji halaman add.php dapat dilakukan pengisian data secara manual dengan cara mengetikkan alamat file add.php disertai dengan data yang akan diisikan seperti :

localhost/tes/add.php?suhu="28"&kelembaban="38"

Catatan :

Pada pengujian halaman add.php, baris 18 harus dijadikan komentar dengan cara memberi tanda "/ /" di depan baris tersebut.

Langkah selanjutnya lihat isi tabel datask untuk melihat apakah data berhasil masuk. Data suhu pada contoh di atas adalah 28 dan data kelembaban adalah 38. Untuk melihat hasilnya pada tabel database :

1. Bukalah web browser.

2. Ketikkan localhost di address bar.

3. Pilihlah phpmyadmin.

4. Pilihlah database espclient. 

Gambar 1.3 Letak espclient pada panel kiri phpMyAdmin

5. Pilihlah tabel datask

Gambar 1.4 Tampilan saat tabel datask dipilih

6. Pilihlah web browse. Gambar di bawah ini isi tabel di phpmyadmin.

Gambar 1.5 Isi tabel datask setelah percobaan mengisi

Setelah berhasil menguji penyimpanan data maka langkah selanjutnya adalah membuat file tampil.php yang berfungsi untuk menampilkan data-data sensor yang sudah disimpan dalamm tabel database. Gambar di bawah ini menunjukkan script dari file tampil.php.

Gambar 1.6 Isi program tampil.php
Penjelasan Program :

1. Di bagain awal program pada baris 2 disertakan file koneksi.php untuk membuka koneksi dan memilih database yang akan digunakan.

2. Dari mulai baris ke-5 sampai dengan baris ke-15 adalah script html yang diawlai dengan tag html, head dan title. Setelah itu pada baris 9 sampai dengan baris 15 mulai dibuat header untuk tabel yang akan ditampilkan.

3. Script PHP untuk pengambilan data dari tabel database dimulai dari baris 17 sampai dengan baris 26.

4. Baris 18 adalah query untuk mengambil data dari tabel datask. Data yang diambil berupa id, waktu, suhu dan kelembaban dan dibatasi dari nomor id ke 2 sampai dengan 11 (karena array dimulai dari 0). Nomor id 1 sudah digunakan oleh percobaan penyimpanan data. Nomor id selanjutnya adalah data valid yang dikirimkan oleh modul WiFi ESP8266-01. Untuk menampilkan semua data maka kita harus menghapus kata "LIMIT 1,10".

5. Baris 19 adalah baris program untuk mengeksekusi query yang sudah dibaut pada baris sebelumnya dengan cara menggunakan fungsi mysql_query. Hasil proses eksekusi query tersebut akan disimpan ke variabel sql. Jika eksekusi berhasil maka variabel sql ini akan bernilai TRUE atau 1.

6. Baris 20 sampai dengan baris 25 adalah proses pengambilan data dari tabel sesuai dengan field yang ditunjuk yaitu field id, waktu, suhu dan kelembaban ke dalam variabel id, waktu, suhu dan kelembaban.

7. Baris 27 sampai baris 32 adalah baris program html yang digabungkan dengan php untuk menampilkan isi dari setiap field yang sudah diambil.

8. Baris 35 dan 36 adalah baris program yang digunakan agar halaman tampil.php ini melakukan refresh halaman web secara otomatis.

Setelah pembuatan script program PHP tersebut selesai, maka lakukanlah pengujian program tersebut dengan cara mengetikkan alamat file program tersebut di address bar browser seperti berikut :

"localhost/tes/tampil.php".

Hasil pengujian program untuk halaman tampil.php dapat dilihat pada gambar 1.7. di bawah ini.

Gambar 1.7 Tampilan halaman tampil.php setelah pengujian

Gambar 1.8 Hasil akhir pengujian pada browser







Posting Komentar

0 Komentar