Gaya Penulisan Program dalam Bahasa Pemrograman Arduino

     

Bahasa C

Pemrogram sebenarnya mempunyai keleluasaan dalam menuliskan bentuk atau gaya kdoe di sketch. Namun, sketch hendaknya ditulis dalam bentuk yang mudah dibaca oleh siapa saja, bukan dalam bentuk yang paling mampat. Hal yang lebih penting lagi adalah konsistensi dengan gaya yang dipilih. Konsistensi akan mempermudah pemrogram ataupun orang lain dalam memahami atau menulis program.

    Pemberian baris kosong pada posisi tertentu akan membantu program mudah dibaca. Begitu juga penambahan karakter spasi antarelemen di suatu pernyataan, misalnya antara koma dan HIGH pada pernyataan berikut, akan membuat kode lebih mudah dibaca oleh orang :

        digitalWrite (PIN_12, HIGH) ;

    Beberapa pedoman penting dalam menuliskan sketch dapat dilihat dibawah ini.

1. Setiap baris lebih baik hanya mengandung satu pernyataan. Namun, Anda diperkenankan menambahkan komentar setelah suatu pernyataan di baris yang sama. Contoh : 
 
   j++; // Naikkan j sebesar satu

2. Spasi sebaiknya diberikan sebelum dan sesudah operator yang melibatkan dua operand. Contoh 2 + 3

   lebih baik daripada

   2+3

3. Dua argumen (parameter) dalam pemanggilan fungsi sebaiknya dipisahkan oleh satu spasi setelah tanda koma jika diletakkan dalam baris yang sama. Contoh ditunjukkan di Gambar 1.1.

Gambar 1.1 Spasi diberikan sesudah koma yang memisahkan dua argumen di fungsi

4. Baris kosong biasa diberikan untuk memisahkan dua bagian yang berbeda. Sebagai   contoh, terdapat baris kosong antara

   void loop ()

dan penutup definisi fungsi setup () di atasnya.

5. Pernyataan majemuk atau biasa pula dinamakan blok (yang melibatkan tanda { dan }) dapat ditulis dengan menggunakan salah satu dari dua bentuk berikut.

   void loop () {

     ...

   }

Perhatikan bahwa tanda kurung kurawal pembuka diletakkan bersama dengan kode yang melibatkannya dan kurung kurawal tutup diletakkan pada baris tersendiri dengan letaknya adalah pada kolom yang sama dengan karakter pertama yang mengandung kurung kurawal pembuka.

   void setup ()

   {

     ...

   }

Pada bentuk kedua, tanda kurung kurawal pembuka dan penutup diletakkan pada baris tersendiri. Bentuk inilah yang digunakan untuk contoh-contoh sketch di buku ini.

6. Pengaturan yang tepat dalam menuliskan pernyataan yang menggunakan lebih dari satu baris akan memudahkan kode mudah dibaca. Penjorokan (indentasi) pada pernyataan-pernyataan majemuk terhadap kurung kurawal pembuka dan kurung kurawal penutup sebaiknya dilakukan dengan jarak 2 hingga 4 spasi. Contoh ditunjukkan di Gambar 1.2.

Gambar 1.2 Penjorokan pada pernyataan majemuk
 

Pernyataan semacam

        digitalWrite (PIN12, HIGH) ;

boleh ditulis menjadi beberapa baris. Hal seperti ini sangat cocok untuk pernyataan yang panjang jika hanya ditulis dalam satu baris. Contoh penulisannya semacam berikut :

        digitalWrite (PIN12, 

                             HIGH) ;

Penulisan-penulisan di atas lebih baik daripada 

        digitalWrite (PIN12,

        HIGH) ;

 



Posting Komentar

0 Komentar