Fungsi dan Pernyataan dalam Bahasa Pemrograman Arduino

    Sketch pada hakikatnya tersusun atas sejumlah fungsi. Contoh di depan melibatkan fungsi bawaan bernama setup () dan loop (). Fungsi adalah suatu blok/kumpulan kode di dalam suatu program yang diberi nama. Jika nama fungsi dipanggil, kode yang ada di dalamnya akan dijalankan. Sebuah program paling tidak mengandung satu fungsi. Setiap fungsi terdiri atas satu atau beberapa pernyataan, yang secara keseluruhan dimaksudkan untuk melaksanakan tugas khusus.

Icon Bahasa C
 

    Bagian pernyataan fungsi (sering disebut tubuh fungsi) diawali dengan tanda kurung kurawal buka ({) dan diakhiri dengan kurung kurawal tutup (}). Namun, pada kenyataannya suatu fungsi bisa saja tidak mengandung pernyataan sama sekali. Dalam hal ini, fungsi tidak mengandung pernyataan sama sekali, kurung kurawal haruslah tetap ada, sebab kurung kurawal mengisyaratkan awal dan akhir definisi fungsi.

Secara umum, fungsi mempunyai sintaks seperti berikut :

tipe_nilai_balik_nama_fungsi (daftar_parameter)

{

    pernyataan_fungsi

}

Tipe balik fungsi bisa tidak ada, sebagaimana pada fungsi setup () dan loop (). Pada keadaan seperti itu, kata void dicantumkan. Tipe balik fungsi dapat berupa seperti int dan double (lihat Tabel 1.1.). Suatu fungsi bisa mengandung parameter ataupun tidak. Sebagai contoh, setup () tidak mengandung parameter, sedangkan digitalWrite () melibatkan dua parameter.

Kode

    digitalWrite (PIN_12, HIGH) ;

merupakan contoh lain tentang pernyataan. Pada contoh tersebut, pernyataan tersebut digunakan untuk menampilkan tulisan yang terletak pada sepasang tanda petik ganda ke layar. Dalam hal ini, tulisan yang terletak pada sepasang tanda petik ganda disebut literal string (konstanta string).

    Umumnya, pernyataan berupa instruksi untuk menyuruh perangkat keras melakukan sesuatu. Membuat pin bernilai 1 (HIGH), menghitung suatu operasi artimatika, membaca data dari pin adalah suatu tugas yang diemban oleh pernyataan.

    Setiap pernyataan umunya diakhiri dengan tanda titik koma (;). Kealpaan dalam memberikan tanda ini akan menyebabkan kompiler memberikan pesan kesalahan saat kompilasi dilakukan. Gambar 1.1 memberikan penjelasan visual pernyataan.

Gambar 1.1 Pernyataan

Posting Komentar

0 Komentar