Arduino dan Sensor Sentuh TTP223B

Pada bagian ini akan dibahas dua contoh penggunaan sensor sentuh dengan Arduino UNO, yaitu pembacaan sentuhan dan kendali relay dan led berdasarkan sentuhan yang dilakukan.

Contoh yang pertama adalah contoh yang sangat sederhana yaitu membaca sentuhan yang dilakukan oleh pengguna. Ketika pengguna menyentuh pad dari modul sensor, maka string "disentuh" akan dicetak ke serial monitor dan LED akan menyala. Ketika pengguna tidak menyentuh pad dari modul sensor , maka string "tidak disentuh" akan dicetak ke serial  monitor dan LED akan padam. Untuk merealisasikan contoh pertama ini, buat rangkaian yang ditunjukkan pada gambar 1.1. berikut ini.

Gambar 1.1 Arduino dan TTP223B
 

Hardware yang dibutuhkan :

1. Arduino UNO

2. Modul sensor sentuh TTP223B

3. Kabel jumper

Keterangan Rangkaian dan Pemrograman :

1. Hubungkan pin VCC modul sensor sentuh TTP223B dengan pin VCC 5V Arduino.

2. Hubungkan pin GND modul sensor sentuh TTP223B dengan pin GND Arduino.

3. Hubungkan pin D0 modul sensor sentuh TTP223B dengan pin digital 8 Arduino.

4. Setelah selesai membuat rangkaian, langkah selanjutnya adalah membuat sketch program pada software Arduino IDE. Sketch untuk contoh proyek ini ditunjukkan oleh contoh program Prog1.1.

5. Compile sketch yang telah dibuat.

6. Hubungkan Arduino UNO dengan komputer menggunakan kabel USB dan upload ke Arduino UNO yang digunakan.

7. Buka serial monitor pada Arduino IDE sehingga nilai digital yang terbaca dan string yang dikirim dapat terlihat.

Contoh Program : Prog.1.1. Sensor Sentuh

Penjelasan :

1. Pada bagian awal program diinisialisasikan alias nama untuk pin digital 8 dengan nama sensorSentuh dan pin digital 13 dengan nama pinLed.

2. Di dalam void setup terdapat perintah untuk pengaturan komunikasi serial dengan baud rate sebesar 9600bps.

3. Pengaturan selanjutnya adalah arah I / O untuk pinLed dan sensorSentuh, pada kasus ini pinLed diatur sebagai pin OUTPUT dan sensorSentuh diatur sebagai pin INPUT.

4. Pada baris selanjutnya program masuk ke dalam void loop yang akan terus berulang tanpa henti.

5. Di dalam void loop terdapat perintah pembacaan data digital pada sensorSentuh yang kemudian hasilnya akan disimpan ke variabel nilai.

6. Selanjutnya, program masuk ke bagian seleksi kondisi if. Di dalam seleksi kondisi ini variabel nilaiLogika akan diseleksi.

7. Jika isi dari variabel volume sama dengan HIGH atau 1, maka pinLed akan diberi logika HIGH yang berarti LED akan menyala dan menandakan bahwa pada sensor disentuh dan selanjutnya string "disentuh" akan cetak ke serial monitor.

8. Jika isi dari vaariabel nilaiLogika sama dengan LOW atau 0, maka pinLed akan diberi nilai LOW yang berarti LED akan padam kemudian akan dicetak string "tidak disentuh" ke serial monitor.

9. Baris terakhir pada program adalah perintah jeda waktu selama 0,5 detik.

Contoh yang kedua adalah kendali led dengan relay berdasarkan sentuhan yang dilakukan oleh pengguna. Ketika pertama kali pengguna menyentuh pad dari modul sensor maka relay akan aktif dan LED akan menyala. Saat pengguna menyentuh pad dari modul sensor kembali, maka LED akan padam untuk merealisasikan contoh kedua ini, buat rangkaian yang ditunjukkan pada gambar 1.2. di bawah ini.

Gambar 1.2 Arduino Sensor Sentuh Kendali Relay

Hardware yang dibutuhkan :

1. Arduino UNO

2. Modul sensor sentuh TTP223B

3. Modul relay 4 channel

4. Led

5. Resistor 330 Ohm

6. Modul MB102 breadboard power supply

7. Kabel jumper

Keterangan Rangkaian dan Pemrograman :

1. Hubungkan pin VCC modul sensor sentuh TTP223B dengan pin VCC Arduino.

2. Hubungkan pin GND modul sensor sentuh TTP223B dengan pin GND Arduino.

3. Hubungkan pin D0 modul sensor sentuh TTP223B dengan pin digital 8 Arduino.

4. Hubungkan pin signal relay ke pin digital 13 Arduino UNO.

5. Hubungkan pin power modul relay ke pin VCC Arduino UNO.

6. Hubungkan pin GND modul relay dengan pin GND Arduino UNO.

7. Hubungkan pin GND modul MB102 dengan pin GND Arduino UNO.

8. Hubungkan pin output 5V modul MB102 dengan pin COM dari modul relay.

9. Hubungkan pin NC dari modul relay dengan salah satu kaki resistor 330 Ohm.

10. Hubungkan kaki lain dari resistor 330 Ohm dengan kaki anoda LED.

11. Hubungkan pin katoda LED dengan pin GND Arduino UNO.

12. Setelah selesai membuat rangkaian, langkah selanjutnya adalah membuat sketch program pada software Arduino IDE. Sketch untuk contoh proyek ini ditunjukkan oleh contoh program 1.2.

13. Compile sketch yang telah dibuat.

14. Hubungkan Arduino UNO dengan komputer menggunakan kabel USB dan upload ke Arduino UNO yang digunakan.

15. Buka serial monitor pada Arduino IDE sehingga string yang dikirim dapat terlihat.

Contoh Program : Prog1.2. Sensor Sentuh Kendali Relay

Penjelasan :

1. Pada bagian awal program diinisialisasikan alias nama untuk pin digital 8 dengan nama sensorSentuh dan pin digital 13 dengan nama pinLed.

2. Bagian selanjutnya adalah deklarasi variabel dengan nama kondisiSekarang, kondisiSebelumnya, kondisiRelay. Ketiga variabel tersebut bertipe integer dan semuanya diinisialisasikan dengan nilai 0.

3. Di dalam void setup terdapat perintah untuk pengaturan komunikasi serial dengan baud rate sebesar 9600bps.

4. Pengaturan selanjutnya adalah arah I / O untuk pinLed dan sensorSentuh, pada kasus ini pinLed diatur sebagai pin OUTPUT dan sensorSentuh diatur sebagai pin INPUT.

5. Pada baris selanjutnya program masuk ke dalam void loop yang akan terus berulang tanpa henti.

6. Di dalam void loop terdapat perintah pembacaan data digital pada sensorSentuh yang kemudian hasilnya akan disimpan ke variabel nilai.

7. Misal sekarang kita menyentuh pad dari modul sensor, sehingga nilai kondisiSekarang adalah HIGH dan ingat variabel kondisiSebelumnya bernilai 0 atau LOW.

    a. Selanjutnya,  program masuk ke bagian percabangan if. Di dalam seleksi kondisi ini varibael kondisiSekarang dan kondisiSebelumnya akan diseleksi. Perhatikan bahwa percabangan pada program adalah percabangan bersarang.

    b. Karena kondisi yang diseleksi terpenuhi yaitu nilai variabel kondisiSekarang = HIGH dan nilai variabel kondisiSebelumnya = LOW, maka string "disentuh" akan dicetak ke serial monitor diikuti jeda waktu selama 1ms.

    c. Selanjutnya, program masuk ke dalam bagian percabangan di dalam yaitu penyeleksian nilai varibael kondisiRelay.

    d. Ingat di awal nilai dari variabel kondisiRelay diinisialisasikan 0 atau LOW, sehingga pada percabangan ini akan dieksekusi bagian else yaitu memberi nilai HIGH ke pin relay (pin digital 13) sehingga LED yang terhubung ke relay akan menyala kemudian nilai dari variabel kondisiRelay akan diubah menjadi HIGH dan keluar dari percabangan.

8. Setelah keluar dari percabangan, nilai dari variabel kondisiSekarang akan disalin ke kondisiSebelumnya. Maka sekarang isi dari variabel kondisiSebelumnya adalah 1 atau HIGH.

9. Selanjutnya, program akan kembali ke bagian loop paling atas untuk membaca pin digital 8 atau sensorSentuh.

10. Misal sekarang kita tidak menyentuh pad dari modul sensor, sehingga nilai kondisiSekarang adalah LOW dan ingat variabel kondisiSebelumnya bernila 1 atau HIGH.

    a. Selanjutnya, program masuk ke bagian percabangan if. Di dalam seleksi kondisi ini variabel kondisiSekarang dan kondisiSebelumnya akan diseleksi.

    b. Karena kondisi yang diseleksi tidak terpenuhi yaitu nilai variabel kondisiSekarang = LOW dan nilai variabel kondisiSebelumnya = HIGH, maka program tidak akan mengeksekusi statement yang ada di dalam percabangan if ini dan keluar dari percabangan.

    c. Selanjutnya, program nilai dari variabel kondisiSekarang akan disalin ke kondisiSebelumnya. Maka sekarang isi dari variabel kondisiSebelumnya adalah 1 atau LOW.



Posting Komentar

0 Komentar