Arduino dan Motor Servo SG90

Pada bagian ini diberikan contoh untuk mengontrol motor Servo. Arduino akan menggerakkan motor servo dari mulai posisi 0 derajat sampai dengan 180 derajat dan sebaliknya. Untuk mengontrol motor servo menggunakan Arduino, kita hanya perlu menghubungkan tiga pin, dimana dua pin digunakan untuk power dan ground sedangkan satu pin lainnya digunakan untuk pulsa pada motor servo. Rangkaian dari proyek ini ditunjukkan pada gambar 1.1.

Catatan :

Pada contoh ini digunakan servo kecil sehingga motor servo dapat dihubungkan secara langsung ke Arduino. Jika kita menggunakan motor servo besar, maka kita membutuhkan power eksternal.

Gambar 1.1 Arduino dan Motor Servo

Hardware yang dibutuhkan :

1. Arduino UNO

2. Motor Servo Tower Pro SG90

3. Kabel jumper

Keterangan Rangkaian dan Pemrograman :

1. Hubungkan pin 5V Arduino dengan kaki positif (kabel merah) dari motor servo SG90.

2. Hubungkan pin GND Arduino dengan kaki negatif (kabel hitam) dari motor servo SG90.

3. Hubungkan pin digital 9 Arduino dengan kaki pulsa (kabel merah) dari motor servo SG90.

4. Setelah selesai membuat rangkaian, langkah selanjutnya adalah membuat sketch program pada software Arduino IDE. Sketch untuk rangkaian motor servo ditunjukkan oleh contoh program 1.1

5. Compile sketch yang telah dibuat.

6. Hubungkan Arduino UNO dengan komputer menggunakan kabel USB dan upload ke Arduino UNO yang digunakan.

Contoh Program : Prog1.1. Motor Servo

Penjelasan :

1. Pada project ini digunakan library Servo.h. Jika pada Arduino kita tidak terdapat library tersebut maka kita dapat menambahkan library pada menu Sketch, kemudian pilih Include library dan selanjutnya Manage libraries. Langkah selanjutnya kita dapat mengunduh file library yang dibutuhkan dengan memasukkan kata kunci "servo" pada menu pencarian.

2. Langkah kedua adalah membuat objek untuk mengontrol motor servo dengan nama myservo.

3. Variabel posisi digunakan untuk menyimpan posisi dari servo.

4. Pada rutin setup didefinisikan pin Arduino yang akan digunakan untuk output ke motor servo yang digunakan. Pada contoh ini digunakan pin 9.

5. Di dalam loop ini terdapat dua perulangan yaitu, pertama perulangan untuk menggerakan servo dari posisi 0 derajat ke posisi 180 derajat dan yang kedua perulangan untuk menggerakan servo dari posisi 180 derajat ke posisi 0 derajat. Delay yang digunakan untuk menunggu servo sampai ke posisi yang diinginkan pada kedua perulangan ini masing-masing sebesar 15 ms dan step kenaikan perubahan posisi pada kedua perulangan ini adalah sebesar 1 derajat yang sesuai dengan variabel posisi.



Posting Komentar

0 Komentar