Arduino dan Fingerprint Sensor

Pada bagian ini akan dibahas cara terkait rangkaian dan library yang perlu dibuat agar kita dapat merekam dan melakukan proses pengenalan sidik jari dengan menggunakan Arduino dan modul fingerprintZ70. Gambar 1.1. di bawah ini menunjukkan Arduino dan modul sensor fingerprint yang sudah dirangkai dan dinyalakan.

Gambar 1.1 Arduino dan Z70 Fingerprint Sensor
 

Hardware yang dibutuhkan :

1. Arduino UNO

2. Modul sensor fingerprint

3. Kabel jumper

Keterangan Rangkaian dan Pemrograman :

1. Hubungkan pin Vin (kabel merah) dari modul sensor fingerprint dengan pin VCC 5V Arduino.

2. Hubungkan pin GND (kabel merah) dari modul sensor fingerprint dengan Ground (GND) Arduino.

3. Hubungkan pin TD (kabel hijau) modul sensor fingerprint dengan pin digital 2 Arduino.

4. Hubungkan pin RD (kabel putih) modul sensor fingerprint dengan pin digital 3 Arduino.

5. Setelah selesai membuat rangkaian, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi library yang diperlukan pada software Arduino IDE. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Buka Arduino IDE versi 1.6.8.

2. Pilih menu sketch

3. Pilih "Include Library"

4. Pilih "Manage Libraries"

5. Ketik "fingerprint" pada windows yang terbuka seperti pada gambar 1.2.

Gambar 1.2 Pencarian Library Fingerprint
 

6. Pilih "Adafruit Fingerprint Sensor Library"

7. Klik install dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

8. Restart Arduino IDE

1.1. Mode Rekam 

Pada bagian ini akan dibahas cara merekam data sidik jari dengan menggunakan Arduino dan modul fingerprint Z70. Setelaj kita berhasil melakukan instalasi library fingerprint pada bagian sebelumnya, maka kita dapat memanfaatkan contoh program yang terdapat pada library tersebut, khusunya contoh program perekaman data sidik jari dengan menggunakan contoh program dari adafruit library :

1. Buka Arduino IDE.

2. Pilih "Examples".

3. Pilih "Adafruit Fingerprint Sensor Library".

4. Pilih "enroll" seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Gambar 1.3 Memilih Sketch Enroll
 

5. Setelah enroll program tersebut dipilih, maka akan terbuka windows baru Arduino IDE yang menunjukkan isi programnya seperti pada gambar 1.3 di bawah ini.

Gambar 1.4 Sketch Enroll
 

6. Pastikan baris pengaturan software serial adalah 'SoftwareSerial mySerial(2,3)" sesuai dengan urutan pin pada rangkaian yang dibuat dimana pin digital 2 untuk TD dan pin digital 3 untuk RD. 

7. Compile sketch enroll.

8. Hubungkan Arduino UNO dengan komputer menggunakan kabel USB dan upload ke Arduino UNO yang digunakan.

9. Buka serial monitor pada Arduino IDE.

10. Pada serial monitor Arduino IDE akan muncul perintah untuk memasukkan ID yang akan direkam.

11. Masukkan nomer ID yang di awal "#" kemudian tekan tombol enter.

12. Misal kita memasukkan "#1", maka akan muncul tampilan seperti pada gambar 1.5 di bawah ini yang memerintahkan untuk menempatkan jari kita ke sensor fingerprint untuk direkam.

Gambar 1.5 Proses Input ID dan Rekam
 

13. Tempatkan jari kita ke sensor sampai dengan ada perintah "remove finger" di serial monitor Arduino IDE.

14. Selanjutnya akan muncul perintah untuk menempatkan jari yang sama ke sensor untuk direkam kembali.

15. Jika proses perekaman berhasil, maka akan muncul string "Print matched!" diikuti no ID dan disimpan dengan indikator string "Stored!" seperti pada gambar 1.6.

Gambar 1.6 Proses Enroll Berhasil
 

16. Ulangi proses perekaman untuk jari lain dengan ID #2

1.2 Mode Pengenalan Sidik Jari

Pada bagian ini akan diberikan dan dibahas contoh program pengenalan sidik jari. Sebelumnya kita sudah pernah merekam data untuk ID 1 dan ID 2. Kedua ID yang sudah terekam akan kita manfaatkan pada contoh program ini. Program untuk proses pengenalan sidik jari ditunjukkan oleh contoh program prog1.1.

Contoh Program : Prog1.1. Pengenalan Sidik Jari

 

Penjelasan :

1. Pada bagain awal program disertakan library-library yang diperlukan, yaitu library Adafruit_Fingerprint.h dan SoftwareSerial.h

2. Selanjutnya didefinisikan pin yang akan digunakan terkait software serial. Pin digital 2 didefinisikan sebagai pin Rx dan pin digital 3 didefinisikan sebagai pin Tx.

3. Pada baris selanjutnya dibuat instance dengan nama finger.

4. Baris berikutnya dideklarasikan variabel dengan nama fingerprint dan diisi dengan nilai 0.

5. Selanjutnya program masuk ke bagian void setup. Di dalam void ini terdapat pemanggilan fungsi startFingerprintSensor( ).

6. Di dalam fungsi startFingerprintSensor( ) terdapat pengaturan baud rate untuk komunikasi serial sebesar 9600bps untuk Arduino dengan PC dan baud rate untuk komunikasi serial sebesar 57600bps untuk Arduino dengan modul fingerprint. 

7. Selanjutnya program akan mendeteksi apakah ada modul fingerprint yang terdeteksi dan siap digunakan dengan menggunakan perintah "finger.verifyPassword( )".

8. Setelah proses di dalam void setup selesai dan berhasil mendeteksi modul fingerprint serta menunggu sidik jari yang akan dikenali, maka selanjutnya program masuk ke dalam void loop.

9. Di awal void loop, program akan mencoba mencari ID sidik jari kemudian hasil ID sidik jari yang dikenali akan disimpan ke variabel fingerprintID. Proses pengenalan sidik jari ini dilakukan di dalam fungsi getFingerprintID( ). Pada fungsi ini akan mengembalikan nilai -1 jika sidik jari tidak dikenali, tetapi fungsi akan mengembalikan nilai ID jika sidik jari dikenali.

10. Selanjutnya nilai ID yang sudah disimpan ke variabel fingerprint ID akan dibandingkan dengan menggunakan seleksi kondisi if. Jika nilai fingerprintID = 1 maka string "user 1" akan dicetak ke serial monitor Arduino IDE. Jika nilai fingerprintID = 2 maka string "user 2" akan dicetak ke serial monitor Arduino IDE.

Hasil pengenalan sidik jari yang ditampilkan pada serial monitor Arduino IDE ditunjukkan pada gambar 1.7 berikut ini.

Gambar 1.7 Pengenalan Sidik Jari

 



Posting Komentar

0 Komentar