CPU (Central Processing Unit) : Pengertian dan Komponennya

CPU

CPU atau Central Processing Unit merupakan otak dari mikrokontroler. CPU bertugas untuk mengambil instruksi (fetch) , menerjemahkannya (decode) kemudian dieksekusi (execute). CPU menghubungkan setiap bagian dari mikrokontroler ke dalam suatu sistem. Fungsi utama CPU yaitu untuk mengambil dan mendekode instruksi. Instruksi yang diambil dari memori program harus diterjemahkan oleh CPU tersebut. Istilah CPU terkadang dinyatakan sebagai sebuah kotak atau casing yang di dalamnya terdapat berberapa macam perangkat keras seperti motherboard, hardisk, RAM, kartu VGA, kabel (power supply) dan sebagainya. CPU sebenarnya merupakan perangkat keras (hardware) yang terdapat di dalam casing tersebut dan juga terdapat pada bagian motherboard.

Pengertian CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dari perangkat lunak. Istilah lain dari CPU prosesor (processor) yang biasanya untuk merujuk ke CPU. Mikroprosesor merupakan CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu. Sejak pertengahan 1970-an satu mikroprosesor sirkuit terpadu sudah umum digunakan dan juga menjadi aspek penting dalam pelaksanaan CPU.

Komponen CPU

1. Unit Kontrol

Unit kontrol yang mengatur jalannya program. Komponen ini tentu saja ada di semua CPU, CPU bertugas untuk mengontrol komputer sehingga sinkronisasi yang terjadi antara komponen bekerja dalam menjalankan fungsi operasi. Tanggung jawab unit kontrol yaitu mengambil perintah, instruksi dari memori utama serta menentukan jenis instruksi.

Bila ada instruksi untuk aritmatika atau untuk perbandingan logika, unit kontrol akan mengirim instruksi ke ALU. Hasil pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama untuk disimpan, serta waktu akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini yaitu sebagai berikut:

• Untuk mengatur dan mengontrol alat input atau masukan dan output atau keluaran

• Untuk mengambil instruksi dari memori utama

• Untuk mengambil data dari memori utama (bila diperlukan) untuk diproses

• Untuk mengirim instruksi ke ALU jika ada perhitungan aritmatika dan perbandingan logika, lalu mengawasi kerja dari ALU

• Dan menyimpan hasil proses ke memori utama

2. Register

Register merupakan perangkat penyimpanan kecil yang mempunyai akses ke kecepatan yang cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data atau juga instruksi yang sedang diproses. Memori ini hanya bersifat sementara, yang biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah atau data untuk diproses lebih lanjut.

Dengan analogi, register ini bisa diibaratkan sebagai memori dalam otak ketika kita melakukan pengolahan manual, sehingga otak bisa diibaratkan sebagai CPU yang berisi kenangan, unit kontrol yang mengatur semua aktivitas tubuh dan juga mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

3. Unit ALU

Unit ALU memiliki berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logita berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering juga disebut bahasa mesin dikarenakan pada bagian ini ALU terdiri dari 2 bagian, aritmatika satuan dan boolean unit logika, yang masing-masing mempunyai spesifikasi pekerjaan sendiri.

ALU mempunyai tugas utama yaitu melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan perintah program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut dengan adder.

ALU memiliki tugas yang lain yaitu untuk membuat keputusan dari operasi logika sesuai dengan perintah program. Operasi logika meliputi perbandingan 2 operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yang sama dengan (=), tidak sama dengan (¹), kurang dari (<), kurang dari atau sama dengan (£), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³).

Interkoneksi yang CPU dan bus sistem koneksi yang menghubungkan komponen internal CPU, adalah ALU, unit kontrol serta register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, perangkat input atau output.

4. CPU Interconnections

CPU Interconnections merupakan koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem yang lainnya. Seperti memori utama, perangkat input atau output.

Posting Komentar

0 Komentar