Penjelasan tentang Variable Resistor

Variable resistor merupakan komponen elektronika yang bersifat resistif dan termasuk kategori komponen pasif. Nilai dari variable resistor tidak tetap. Perubahan nilai resistor dikarenakan diubah oleh sesuatu dari luar, misalnya digeser atau diputar. Perubahan nilai ini biasanya dimanfaatkan untuk mengatur sesuatu yang sifatnya tidak tetap dan bergantung dari kondisi penerangan rangkaian.

Variable resistor mempunyai nilai hambatan yang bisa berubah-ubah, sehingga disebut resistor tidak tetap. Nilai dari variable resistor bisa diubah dengan cara menggeser tuas dan diputar dari komponen. Pemutaran komponen ini bisa dilakukan langsung dengan tangan dan menggunakan obeng trim.

Ada beberapa jenis variable resistor seperti trimmer potensiometer (trimpot), rotary potensiometer (potensio) dan slide potensiometer (slidepot). Variable resistor memiliki kegunaan dan penerapan yang berbeda dari masing-masing jenis komponen tersebut.

Simbol Variable Resistor

Simbol Variable Resistor

Pada umumnya, variable resistor digambarkan menyerupai simbol resistor dengan tanda panah yang ada di tengahnya. Komponen ini berkaki tiga, maka panah yang berada di tengah merupakan kaki ketiga yang berada di tengah dengan nilai resistansi yang berubah-ubah terhadap kaki yang ada di pinggir.

Variable resistor memiliki bentuk yang berbeda tergantung dengan jenisnya. Misalnya, trimpot ditandai dengan tempat mirip kepala skrup untuk keperluan trim dengan obeng dan rotary potensio yang memiliki handle untuk memutar serta slidepot yang memiliki tuas untuk menggeser.

Nilai Variable Resistor

Nilai resistansi antara kaki yang ada di pinggir merupakan nilai yang tertera pada body variable resistor. Contohnya tertulis nilai 1kΩ, maka besarnya resistansi antara kaki pinggir tetap sebesar 1kΩ. Kemudian nilai resistansi antara kaki tengah dengan kaki pinggir berubah (variable) sesuai dengan posisi kaki tengah terhadap kaki pinggir.

Baca juga : Pengertian dan Penjelasan tentang TRIAC

Apabila posisi potensio berada di kiri penuh, maka besarnya resistansi kaki tengah dengan kaki sebelah kiri sama dengan nol dan besarnya resistansi kaki tengah dengan kaki sebelah kanan sebesar 1kΩ. Sebaliknya, ketika posisi kanan penuh maka besarnya resistansi kaki tengah dengan kaki sebelah kanan sama dengan nol serta besarnya resistansi kaki tengah dengan kaki sebelah kiri sebesar 1kΩ.

Trimmer Potensiometer

Trimmer potensiometer biasa disingkat dengan trimpot. Timpot merupakan variable resistor yang diputar dengan obeng. Area putar dari trimpot berupa lekukan berbentuk tanda plus atau minus seperti pada kepala skrup. Penggunaan trimpot dikhususkan untuk pengaturan yang bersifat tetap dan tidak sering diubah selama pemakaian terutama oleh pengguna.

Rotary Potensiometer

Rotary potensiometer sering disebut potensio saja. Potensio merupakan variable resistor yang nilainya diubah dengan cara diputar melalui handle. Handle ini biasanya diputar oleh tangan manusia dengan perantara knop potensio. Biasanya penggunaan potensio pada pengaturan yang bersifat dinamis dan berubah selama pemakaian.

Slide Potensiometer

Slide potensiometer sering disebut dengan potensio geser. Potensi geser merupakan variable resistor yang nilainya diubah dengan cara digeser tuasnya. Potensio geser ini bisa mengatur pada posisi yang lebih pas dibandingkan potensio rotary karena arah geraknya yang digeser.

Posting Komentar

0 Komentar