Penjelasan tentang Arduino Mega 2560

Arduino Mega 2560 merupakan salah satu dari banyaknya jenis papan sirkuit yang diciptakan oleh perusahaan resmi Arduino LLC. Bagi beberapa orang, Arduino Mega 2560 termasuk sesuatu yang sedikit asing dan kurang diketahui. Hal ini wajar saja, mengingat kebanyakan panduan dan tutorial hanya menggunakan Arduino Uno sebagai bahan praktiknya.

Berawal dari permasalahan tersebut, berikut ini uraian singkat yang menyangkut tentang Arduino Mega 2560. Dimulai dari pengertian, gambar, spesifikasi, pinout dan beberapa penjelasan lainnya.

Pengertian Arduino Mega 2560

Arduino Mega 2560 merupakan papan sirkuit dengan chip mikrokontroler Atmega2560 dan memiliki jumlah pin paling banyak diantara semua jenis Arduino lainnya. Perlu kamu ketahui bahwa jenis 2560 ini adalah versi perbaikan dari Arduino Mega sebelumnya. Apa bedanya Arduino Mega 2560 dengan versi Arduino Mega sebelumnya?

Perbedaan paling mencoloknya terletak pada chip mikrokontroler yang digunakan. Arduino Mega versi sebelumnya menggunakan chip mikrokontroler Atmega16U2, sedangkan versi yang sekarang menggunakan chip Atmega2560. Selain itu, versi yang sekarang sudah tidak lagi menggunakan chip FTDI untuk fungsi USB to serial converter seperti versi sebelumnya.

Fungsi Arduino Mega

Arduino Mega sangat cocok untuk membuat project yang kapasitas ruang dalam tempat rangkaiannya besar. Kapasitas memori yang lebih besar dibandingkan Arduino jenis lain membuat Arduino Mega cocok untuk project yang menggunakan banyak modul sekaligus.

Board Arduino Pro Mini ini dikembangkan untuk penggunaan pada proyek yang sifatnya permanen dan di instalasi pada ruang khusus yang sifatnya proyek premium. Board ini fisiknya kecil dan tersedia dalam versi 3.3 V dan 5 V, menggunakan IC Mikrokontroller ATmega328.  Arduino Pro Mini adalah board mikrokontroler berbasis IC ATmega328. Board ini memiliki 14 pin input / output digital (6 di antaranya dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, resonator on-board, tombol reset, dan lubang untuk memasang header pin. Header enam pin dapat dihubungkan ke kabel FTDI atau papan breakout Sparkfun untuk memberikan daya USB dan komunikasi ke board.  Arduino Pro Mini ditujukan untuk instalasi semi permanen di objek atau pameran. Board awalnya tanpa header yang dipasang sebelumnya, memungkinkan penggunaan berbagai jenis konektor atau penyolderan langsung kabel. Tata letak pin kompatibel dengan Arduino Mini.  Ada dua versi Pro Mini. Salah satunya memiliki Tegangang Kerja di 3.3V dan 8 MHz, yang lainnya di 5V dan 16 MHz. Arduino Pro Mini dirancang dan diproduksi oleh SparkFun Electronics.  Spesifikasi Arduino Pro Mini adalah sebagai Berikut :

Bagi yang penasaran seperti apa bentuk Arduino Mega 2560, berikut ini tampilan gambarnya dari depan maupun belakang.

Perbedaan Arduino Mega dan Uno

Beberapa perbedaan Arduino Uno dan Mega yaitu:

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Arduino itu memiliki banyak varian dan memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri. Namun yang jadi pertanyaan, kapan kita harus memilih untuk menggunakan Arduino Mega?

• Penggunaan lebih dari satu modul serial, seperti modul GSM dan GPS secara bersamaan.

• Ingin mengendalikan banyak komponen dalam satu rangkaian.

• Membutuhkan kapasitas memori Arduino yang besar

Arduino Mega 2560 Specifications

Spesifikasi Arduino Mega 2560 bisa dilihat pada tabel berikut ini :

Spesifikasi Arduino Mega 2560

Arduino Mega 2560 Pinout


Posting Komentar

0 Komentar