Pengertian, Jenis - jenis dan Fungsi Bandwidth

Bandwidth

Bandwidth merupakan kapasitas maksimal transfer yang bisa dilakukan pada satu waktu dalam pertukaran data. Ada pula definisi lain dari bandwidth internet yakni jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second atau bps. Jadi, bandwidth internet merupakan kapasitas maksimal untuk jalur komunikasi guna melakukan proses pengiriman serta penerimaan data yang hanya dalam hitungan detik.

Jenis - jenis Bandwidth

Pada pembahasan awal tadi, telah membahas mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan istilah bandwidth. Akan tetapi, pada kenyataannya, semua itu merupakan produk digital. Hal ini dikarenakan internet dapat berjalan karena adanya transmisi sinyal digital. Sedangkan bandwidth juga memiliki sinyal analog.

1. Bandwidth Analog

Bandwidth analog merupakan besarnya sebuah rentang frekuensi dalam satuan Hertz, dimana sebuah sinyal dapat diperoleh secara akurat. Selain itu, bandwidth analog biasanya mempunyai ukuran yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan bandwidth digital.

2. Bandwidth Digital

Bandwidth digital merupakan jumlah dari pulsa per detik yang diukur dalam bits per second atau bps. Tipe bandwidth yang satu ini menggunakan sinyal digital di dalam transmisinya. Sedangkan ukuran bandwidth digital relatif lebih besar dan lebar dibandingkan dengan bandwidth analog.

Fungsi Bandwidth

Ada beberapa fungsi yang berkaitan dengan bandwidth berdasarkan peranannya di dalam jaringan internet. Apa saja fungsi dari bandwidth tersebut? Di bawah ini akan dijelaskan beberapa fungsi bandwidth yang dibagi berdasarkan cara penggunaannya.

1. Media Pengiriman Data

Bandwidth berfungsi sebagai ukuran media atau pun jalur pengiriman data yang ada di dalam sebuah komputer atau jaringan tertentu. Fungsi tersebut hampir ada di semua tempat yang mempunyai jaringan komputer. Bandwidth memiliki manfaat terlebih apabila berkaitan dengan distribusi jaringan. Ukuran bandwidth biasanya digunakan sebagai salah satu patokan para pengguna untuk memilih provider atau pun penyedia layanan yang berkaitan dengan koneksi internet. Semakin besar sebuah bandwidth yang ditawarkan, maka akan terlihat semakin baik pelayanan yang diberikan.

2. Kecepatan Transfer Data

Bandwidth berfungsi sebagai pembagi kecepatan transfer data. Jadi, kecepatan yang ada di dalamnya dapat didistribusikan secara adil ke semua pengguna. Pembagian tersebut juga digunakan sebagai media untuk membatasi supaya antar pengguna tidak saling berebut bandwidth. Jika tidak dibagi, maka hal tersebut memungkinkan untuk seluruh bandwidth dialokasikan ke jaringan yang hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan akhirnya pengguna lain tidak memperoleh bandwidth. Misalnya pada waktu mengunduh file dari internet yang cukup besar.

Pada saat melakukan proses mengunduh tersebut, maka akan terjadi permintaan data yang sangat besar. Hal tersebut tentu saja akan membanjiri bandwidth pada jaringan. Jika tidak dibatasi, maka koneksi pengguna lain akan lambat bahkan tidak bisa terkoneksi sama sekali. Apalagi yang melakukan pengunduhan menggunakan download manager tertentu.

3. Mengatur Besar Data yang Ditransfer

Administrator jaringan melakukan pembatasan cukup besar pada data yang dapat diakses atau pun diunduh dari internet. Hal tersebut memiliki tujuan untuk mengurangi trafik yang tinggi dalam waktu yang cukup lama. Adanya trafik yang tinggi dalam waktu yang sama juga dapat mengganggu stabilitas jaringan. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi kapasitas bandwidth yang tersedia.

Cara Kerja dari Penggunaan Bandwidth

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, bandwidth merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam sebuah jaringan. Oleh karena itu, semua aktivitas proses pengiriman atau pun transfer data sangat memerlukan adanya bandwidth tersebut. Untuk cara kerja dari bandwidth sebenarnya masih berhubungan dengan ketiga fungsi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dimana besar kapasitas bandwidth di dalam sebuah jaringan komunikasi akan sangat memberikan pengaruh pada kinerja jaringan tersebut. Namun, apabila ketika prosesnya terjadi beberapa gangguan, maka akan ada beberapa hal yang mungkin saja menjadi penyebabnya, antara lain latency, packet loss dan bahkan bisa jadi dari faktor bandwidth itu sendiri. Beberapa orang mengenal bandwidth sebagai salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sebuah pengiriman data di suatu jaringan. Dimana komponen tersebut perlu diperhatikan bahwa besar kapasitas dari bandwidth sangat penting. Hal ini dikarenakan demi kelancaran proses pengiriman data tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar