Cara Monitoring Data Analog Arduino menggunakan LCD 16x2

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Monitoring Data Analog Arduino menggunakan LCD 16x2. LCD 16x2 (Liquid Crystal Display) merupakan salah satu penampil data yang sangat populer digunakan sebagai interface antara mikrokontroler dengan user.

LCD biasanya digunakan sebagai output tampilan sederhana pada sebuah sistem mikrokontroler. Sebuah LCD bisa menampilkan karakter alfanumerik. Untuk output tampilan yang animatif, LCD ini layak untuk dipertimbangkan dalam project elektronika Anda.

Di pasaran, yang paling banyak tersedia dan paling terjangkau harganya adalah LCD 16×2 yang artinya ada 2 baris tampilan dengan per barisnya ada 16 kolom atau 16 karakter. Jadi total ada 32 karakter yang dapat ditampilkan dalam LCD 16×2.

Rangkai prototype seperti berikut :

Jika Anda membeli LCD 16×2 bukan dengan tipe modul, maka Anda harus sedikit menyolder bagian pinout yang nantinya dihubungkan ke Arduino.

Hardware yang dibutuhkan :

– Arduino Uno + kabel USB tipe B

– LCD 16×2

– Potensiometer/trimpot 10K

– Resistor 10k

– Kabel jumper

– Breadboard

Koneksi Wiring

– Pin RS LCD –> pin 12 Arduino

– Pin Enable (E) LCD <–> pin 11 Arduino

– Pin D4 LCD –> pin 5 Arduino

– Pin D5 LCD –> pin 4 Arduino

– Pin D6 LCD –> pin 3 Arduino

– Pin D7 LCD –> pin 2 Arduino

– Pin R/W LCD –> ground

– Pin VSS LCD –> ground

– Pin VCC LCD –> 5V

– Wiper potensiometer/trimpot <–> pin VO LCD

Setelah rangkaian hardware selesai, upload-lah sketch Arduino sebagai berikut :

Inti dari sketch di atas terletak pada library ‘LiquidCrystal.h’. Library ini adalah library bawaan dari Arduino, sehingga Anda bisa langsung menggunakannya. Jika Anda sudah mendeklarasikan library ini, Anda akan memiliki sebuah objek yang bernama ‘lcd’ yang memiliki beberapa method yang akan memudahkan Anda menangani hardware LCD Anda. Contoh-contoh method tersebut adalah :

lcd.begin (baris,kolom);  –> untuk inisialisasi LCD sesuai tipenya (contoh LCD 16×2, maka perintahnya adalah lcd.begin (16,2);

lcd.print (karakter); –> untuk menampilkan karakter di LCD. Parameter ‘karakter’ harus bertipe string

lcd.setCursor (baris,kolom); –> mengeset lokasi dengan koordinat (baris,kolom) untuk karakter yang akan ditampilkan.

Posting Komentar

0 Komentar