Mikrokontroler ESP32-CAM

ESP32-CAM merupakan salah satu mikrokontroler yang dilengkapi dengan internal kamera 2MP,  kartu microSD dan perlengkapan untuk menggunakan antena eksternal. Modul ESP32-CAM juga dilengkapi dengan dukungan library untuk mengimplementasikan kemampuan face recognition. Semua fitur ini masih memiliki akses ke beberapa pin GPIO, WiFi dan kemampuan Bluetooth. Jika dibandingkan dengan ESP produk sebelumnya yaitu ESP32 Wroom, ESP32-CAM memiliki I/O yang lebih sedikit dengan hanya memiliki akses ke 10 pin GPIO. Hal ini dikarenakan sudah banyak pin yang digunakan secara internal untuk fungsi kamera dan fungsi slot kartu microSD.


Mikrokontroler ESP32-CAM

 

LED putih persegi yang terletak di bagian bawah modul berfungsi sebagai flash untuk menerangi subjek yang dilihat dengan kamera. Dapat dilihat bahwa ada konektor kamera 2 megapiksel yang terpasang. Konektor kamera dikenal sebagai konektor FPC. Kamera tersebut dapat di upgrade jika memiliki jenis konektor yang tepat. Di belakang modul kamera, terdapat slot kartu microSD yang digunakan untuk menyimpan gambar atau klip video yang diambil oleh modul kamera. ESP32-CAM ini biasanya digunakan untuk project IoT (Internet of Things) yang membutuhkan fitur kamera.

Modul ESP32-CAM ini tidak memiliki port microUSB pada board, sehingga Anda tidak dapat hanya menghubungkannya ke komputer dan mulai memuat program. Sebagai gantinya, Anda perlu menambahkan adaptor FTDI eksternal, seperti FTDI FT232RL. FTDI ini memiliki fungsi untuk menjadi seperti port untuk dihubungkan dengan USB. Bisa juga dengan menambahkan modul tambahan berupa downloader khusus untuk ESP32-CAM. Jika Anda membalik board ESP32-CAM, Anda akan melihat chip ESP32. Di balik papan tersebut memiliki konektor untuk antena eksternal serta antena internal yang terukir ke papan sirkuit. Selain itu, board ini juga memiliki tombol reset, IC pengatur tegangan, LED dan PSRAM eksternal, untuk memfasilitasi persyaratan RAM yang tinggi untuk kemampuan kamera.

Fitur utama ESP32-CAM yaitu fitur kamera. Sensor kamera yang terletak di ESP32-CAM yaitu OV2640. OV2640 adalah chip kamera populer dan sensor kamera 2MP inci pertama yang didistribusikan di seluruh dunia sejak tahun 2003. Chip sensor kamera ini terintegrasi dengan mesin kompresi yang cocok untuk skala kecil dan besar seperti sistem yang disematkan, deteksi objek, mainan dan pengenalan wajah. Jika ingin mengupgrade kamera pada ESP32-CAM, pilihan terbaik yaitu OV5640 dan OV7670 yang secara resmi didukung oleh ESP32-CAM.

ESP32-CAM menggunakan library ESP-WHO dari Espressif untuk mengaktifkan deteksi dan pengenalan wajah. ESP-WHO mendukung pengembangan aplikasi deteksi dan pengenalan wajah di sekitar chip ESP32 sistem Espressif dengan cara yang paling nyaman. Dengan ESP-WHO, dapat dengan mudah membuat aplikasi fitur deteksi dan pengenalan wajah.

Adapun spesifikasi ESP32-CAM antara lain :

    1. Memiliki 520 KB SRAM dan 4 MB os PSRAM

    2. Mendukung upload gambar WiFi LED Flash Built In

    3. Sistem kamera dapat diupgrade In-Built Micro SD Card slot

    4. Image transfer rate 15 hingga 60 frame per detik

    5. Konektor antena eksternal untuk rentang yang ditingkatkan

    6. Dukungan bawaan untuk IwIP dan FreeRTOS pendaftaran wajah dan dukungan pengenalan wajah

Posting Komentar

1 Komentar

  1. For example, consider a hypothetical slot machine with a dozen totally different values on the pay table. However, the possibilities of getting all of 1xbet the payouts are zero besides the most important one. If the payout is four,000 occasions the enter quantity, and it occurs every four,000 occasions on average, the return to player is precisely 100 percent, but the recreation would be dull to play. Also, most individuals wouldn't win something, and having entries on the paytable which have a return of zero would be misleading.

    BalasHapus