Arduino dengan RFID

Pada bagian ini Arduino akan membaca input tag dari kartu RFID dengan menggunakan modul RFID MFRC522. Jika tag terdeteksi dan dikenali oleh Arduino, maka Arduino akan menampilkan output sesuai kondisi yang di dapat pada serial monitor Arduino IDE.Contoh program yang digunakan disini berasal dari AddicoreRFID library yang di dapat dari :

https://www.addicore.com/u/uspfiles/downloadables/Product%20 Downloadables/RFID_RC522/AddicoreRFID.zip.

Rangkaian dari proyek ini ditunjukkan pada gambar 1.1.

Gambar 1.1 RFID dengan Arduino

Hardware yang dibutuhkan :

1. Modul RFID MFRC522

2. Arduino UNO

3. Kabel jumper

Keterangan Rangkaian dan Pemrograman :

1. Hubungkan pin VCC Modul RFID MFRC522 dengan pin VCC 3,3V Arduino.

2. Hubungkan pin GND Modul RFID MFRC522 dengan pin GND Arduino.

3. Hubungkan pin SDA Modul RFID MFRC522 dengan pin digital 10 Arduino.

4. Hubungkan pin SCK Modul RFID MFRC522 dengan pin digital 13 Arduino.

5. Hubungkan pin MOSI Modul RFID MFRC522 dengan pin digital 11 Arduino.

6. Hubungkan pin MISO Modul RFID MFRC522 dengan pin digital 12 Arduino.

7. Hubungkan pin RST Modul RFID MFRC522 dengan pin digital 5 Arduino.

8.  Setelah selesai membuat rangkaian, langkah selanjutnya adalah membuat sketch program pada software Arduino IDE. Sketch untuk rangkaian Modul RFID MFRC522 ditunjukkan oleh contoh program Prog1.1.

9. Compile sketch yang telah dibuat.

10. Hubungkan Arduino UNO dengan komputer menggunakan kabel USB dan upload ke Arduino UNO yang digunakan.

Contoh Program : Prog1.1. Addicore_RFID_Example





Penjelasan :

1. Pada bagian di atas digunakan dua library yaitu library AddicoreRFID.h dan library SPI.h karena komunikasi modul RFID dengan Arduino menggunakan SPI.

2. Kemudian uchar dan uint digunakan sebagai alias nama dari tipe data yang nanti akan digunakan.

3. Pada baris selanjutnya terdapat tiga variabel yang akan digunakan dimana variabel serNumA bertipe array sedangkan fifobytes dan fifioValue bertipe unsigned character.

4. Selanjutnya dibuat objek AddicoreRFID untuk mengontrol modul RFID.

5. Pada baris selanjutnya didefinisikan nama pin untuk pin SDA dan pin RESET. Dimana pin SDA diberi nama alias chipSelectPin dan pin Reset diberi alias nama NRSTPD.

6.Pada void setup terdapat beberapa pengaturan terkait baud rate untuk komunikasi serial antara Arduino dengan komputer, kemudian library SPI dimulai dengan menggunakan peintah "SPI.begin". Selanjutnya pengaturan arah pin untuk chipSelectPin dan NRSTPD dimana keduanya diatur sebagai pin output. chipSelectPin diberi nilai LOW untuk mengaktifkan RFID reader karena RFID ini bersifat aktif LOW, sedangkan NRSTPD diberi nilai HIGH yang artinya tidak melakukan reset. Pada baris selanjutnya dipanggil fungsi myRFID.AddicoreRFID_Init() yan berada di dalam library untuk menginisialisasi modul AddicoreRFID.

7. Di dalam void loop dilakukan inisialisasi variabel-variabel yang dipelrukan, kemudian terdapat bagian program yang berfungsi untuk mencari nilai tag dan mengembalikan status pembacaan tag tersebut ke variabel status ( di dalam library terdapat sebuah fungsi yang berfungsi membaca tag kartu dan jika berhasil akan mengembalikan string "MI_OK" yang akan disimpan ke variabel status). Jika pembacaan berhasil maka Arduino akan mengirim string "RFID tag detected", nilai biner dari array str dengan index ke-0 dan ke-1 ke serial monitor Arduino IDE. Pada bagian selanjutnya dipanggil fungsi AddicoreRFID_Anticoll yang berada di dalam library untuk membaca serial number kartu dan jika berhasil maka status akan berisi string "MI_OK". Selanjutnya setelah serial number akan ditampilkan ke serial monitor ke serial monitor Arduino yang sebelumnya telah ditampung dalam variabel array.

8. Setelah kita mengetahui nilai dari tag kartu maka kita dapat mengembangkannya untuk aplikasi lain dengan banyak kartu. Pada contoh program di atas akan ditampilkan string Hello Craig atau Hello Erin sesuai dengan nilai kartu yang dibaca oleh modul. (Untuk percobaan nilai kartu yang terdapat pada percabangan tersebut dapat diganti dengan nilai kartu yang kita miliki).


Posting Komentar

0 Komentar