Contoh Penerapan IoT di Smart Home

Berbicara tentang smart home memang sangat menarik. Pada era ini, setiap orang memimpikan memiliki rumah yang canggih. Internet of Things dalam kehidupan sehari-harinya terwujud dalam smart home. Penghuni rumah akan memperoleh segala kemudahannya. Sebuah rumah bisa dikatakan sebagai smart home jika mengaplikasikan beberapa device Internet of Things berikut ini.

1. Smart Lamp ( Lampu Pintar )

Smart Lamp

Teknologi pertama yang seharusnya ada pada rumah pintar yaitu lampu pintar. Dengan teknologi ini, kita tidak harus menyalakan lampu secara manual. Lampu pun bisa kita kontrol jarak jauh menggunakan aplikasi. Selain memperoleh kemudahan dalam menghidupkan lampu, ketika menggunakan lampu pintar kita juga bisa mengatur tingkat kecerahan hingga warnanya. Kita juga bisa menyesuaikannya dengan keinginan kita.

2.  Smart Plug ( Colokan Pintar )

Smart Plug

Device yang bisa menggunakan Internet of Things yaitu colokan atau stop kontak. Colokan pintar tidak seperti colokan biasa yang banyak digunakan oleh orang-orang. Ada produk colokan yang terintegrasi dengan aplikasi. Jadi, pengguna bisa menentukan mana colokan yang menyala dan mana yang tidak. Saat ini banyak brand yang menjual colokan pintar. Salah satunya yaitu Bardi Smart Extension Power Strips.

3. Smart Door Lock ( Kunci Pintu Pintar )

Smart Door Lock

Kita tidak harus selalu menggunakan kunci rumah untuk mengamankan pintu. Dengan Internet of Things, kita bisa menggunakan smart door lock. Kita bisa menggunakan sensor untuk mengamankan pintu dan jendela.

Sensor tersebut akan terintegrasi dengan aplikasi untuk memudahkan penggunaannya. Jika ada orang yang membuka pintu atau jendela secara mencurigakan, maka akan ada pemberitahuan yang masuk pada aplikasi. Dalam hal ini, smart home memberikan kenyamanan dan keamanan tersendiri bagi penghuni.

4. Smart Sprinkler ( Penyiram Otomatis )

Jika kita memiliki banyak tanaman yang perlu disiram secara rutin, kita tidak perlu menyiramnya secara manual. Sekarang ini ada penyiram tanaman otomatis yang bisa kita integrasikan dengan rumah pintar. Kita tinggal menentukan kapan jadwal penyiraman untuk tanamannya, kemudian atur dalam aplikasi. Selanjutnya, penyiram otomatis pun akan menjalankan fungsinya.

5. Smart Speaker ( Speaker Pintar )

Untuk mengaktifkan speaker pintar, kita tinggal mengintegrasikan Google Assistant pada rumah kita. Hubungkan Google Assistant dengan TV Pintar, Speaker Pintar dan peralatan elektronik lainnya. Jadi, kita bisa mengontrolnya secara otomatis.

Kita bisa menghidupkan lampu, menyalakan AC, menyalakan musik, menghidupkan speaker dan berbagai peralatan elektronik yang terintegrasi lainnya secara otomatis dengan menggunakan Google Assistant. Oleh karena itu, kehidupan sehari-harimu pasti akan jauh lebih mudah.

6. Robot Pembersih Lantai

Hal yang tidak kalah penting dalam menjaga keindahan rumah yaitu memperhatikan tingkat kebersihannya. Kita tidak perlu khawatir karena sekarang ini ada banyak sekali perangkat elektronik untuk membersihkan rumah. Salah satunya yang menggunakan teknologi Internet of Things yaitu robot pembersih lantai.

7. Security Camera ( Keamanan Kamera )

Terakhir, kita juga memerlukan security camera. Kamera pengawas yang modern juga memanfaatkan Internet of Things. Kita bisa melihatnya secara real time menggunakan aplikasi. Kita akan bisa bertindak secara langsung jika ada hal-hal yang mencurigakan terjadi. Jadi, keamanan rumah pun lebih meningkat. Selain tujuh contoh penerapan Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari yang sudah dijelaskan di atas, masih ada banyak sekali perangkat elektronik di dalam rumah yang menggunakan teknologi tersebut. Semua perangkat tersebut diciptakan untuk memudahkan pekerjaan dalam rumah.

 

Posting Komentar

0 Komentar