Penjelasan tentang Induktor

Induktor mempunyai bentuk seperti kawat kumparan yang digulung kemudian dipasang pada bagian tertentu. Secara teoritis, kawat tersebut akan memberikan listrik elektromagnetik yang menimbulkan induksi.

Induktor

Secara umum, banyak yang tidak menyadari fungsi dan penggunaannya karena jarang dibahas. Namun, sifat induksi ini sangat penting terutama di beberapa komponen lain yang memang memerlukan kumparan termasuk resistor. Fungsi dari induktor ini yaitu sebagai pengatur arus dan frekuensi. Ketika dipasang dengan kapasitor, alat elektronik menjadi lebih dinamis dan mudah menyesuaikan dengan kebutuhan. Dengan bantuan proses induksi, kita bisa menemukan frekuensi sinyal radio dengan cepat. Komponen elektronika induktor mempunyai beragam jenis dan ukuran yang berbeda. Diantara jenis-jenis tersebut seperti iron core induktor, air induktor, torriodal core induktor, ferrite core induktor, variable induktor dan laminated core induktor. Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis induktor tersebut :

• Induktor Inti Ferit/ Besi

Seperti yang kita lihat pada namanya, induktor ini mempunyai inti dari bahan besi. Induktor ini mempunyai nilai induktansi yang lebih besar dan umumnya dipakai pada frekuensi menengah seperti pada frekuensi radio.

• Induktor Inti Ferit/ Besi

Induktor dengan inti udara dan terlihat seperti tanpa bahan inti. Induktor jenis ini mempunyai nilai induktansi yang kecil dan banyak digunakan pada aplikasi frekuensi tinggi seperti pemancar dan penerima radio FM.

• Induktor Trafo

Induktor ini bekerja dengan memanfaatkan transformasi energi antara dua lilitan yang ada pada satu inti. Penggunaan induktor trafo ini bisa kita lihat pada alat elektronika seperti power supply dan penguat IF pada penerima radio.

• Induktor Variabel

Induktor dengan nilai induktansi yang bisa ubah dengan cara mengatur panjang inti. Biasanya pengaturan ini dilakukan dengan cara memutar inti yang sudah dibuat ulir sehingga bisa keluar masuk lilitan.

• Induktor Toroid

Induktor dengan inti melingkar seperti kue donat. Induktor jenis ini mempunyai induktansi yang lebih besar dan biasa digunakan pada trafo daya atau SMPS.

Posting Komentar

0 Komentar