Mikrokontroler ARM Cortex-M0

ARM adalah arsitektur prosesor 32 bit keluarga RISC yang sudah dikembangkan oleh ARM holdings dan dilisensikan untuk diproduksi oleh berbagai vendor di dunia termasuk AMD, Atmel, Freescale, Nuvoton, Nvidia, NXP, Samsung, ST Micro, dan TI. Prosesor ARM digunakan pada perangkat smartphone, tablet, dan embedded system. Pada awalnya merupakan prosesor desktop yang sekarang didominasi oleh keluarga x86. Namun desain yang sederhana membuat prosesor ARM cocok untuk aplikasi berdaya rendah. Hal ini membuat prosesor ARM mendominasi pasar elektronik seluler dan sistem terbenam di mana membutuhkan daya dan harga yang rendah. 

 

ARM Cortex-M0

Seri arsitektur ARM terbaru terdiri dari 3 lini kelas penggunaan yaitu:

    • ARM CORTEX A untuk aplikasi umum

    • ARM CORTEX R untuk aplikasi real time

    • ARM CORTEX M yang setara dengan mikrokontroler

Arsitektur ARM Cortex-M terus berkembang, terkait dengan kebutuhan aplikasi yang semakin kompleks, yang membutuhkan fitur dan kemampuan CPU yang lebih powerful. ARM (Advanced RISC Machine) ini sebelumnya disebut dengan sebutan Acorn RISC Machine. Pada awalnya, ARM Processor dikembangkan oleh PC atau personal computer oleh Acorn Computers. Namun, dengan dominasi Intel x86 proses Microsoft pada IBM PC kompatibel sudah membuat Acorn Computer mengalami gulung tikar.

Inti Cortex-M biasanya digunakan sebagai pengendali mikro terdedikasi, namun juga sering "tersembunyi" dibalik SoC sebagai kontroler pengatur tenaga, pengendali I/O, pengendali sistem, pengendali layar sentuh, pengendali smart battery, dan kontroler sensor. Lisensi ARM Holdings tidak memproduksi ataupun menjual perangkat CPU yang mereka desain, melainkan melisensi arsitektur prosesor kepada pihak-pihak yang tertarik. ARM menawarkan berbagai persyaratan lisensi, bervariasi dalam hal biaya dan jasa. Untuk semua pemegang lisensi, ARM menyediakan deskripsi perangkat keras dapat-ter-integrasi atas inti ARM, dan menyediakan pula seperangkat alat pengembangan perangkat lunak lengkap serta hak untuk menjual silikon yang berisi CPU ARM.

Posting Komentar

0 Komentar