Jenis - jenis Sensor pada Robot

Robot tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya sensor. Sensor yang ada pada robot digunakan untuk mengestimasi kondisi dan lingkungan robot. Sinyal ini dilewatkan melalui controller untuk memungkinkan perilaku yang sesuai. Sensor pada robot didasarkan pada fungsi organ sensorik manusia. Robot membutuhkan informasi yang luas tentang lingkungannya agar berfungsi secara efektif.

Jenis - jenis Sensor pada Robot

1. Sensor Sentuh

Sensor Sentuh dan Push Button

Sensor sentuh adalah jenis sensor yang akan mendeteksi ketika disentuh. Pada dasarnya, sensor sentuh adalah saklar yang memiliki berbagai jenis bentuk. Contoh sensor sentuh yang digunakan pada robot misalnya untuk mendeteksi objek yang ada pada tangan robot, mencegah terjadinya tabrakan pada robot beroda dan lainnya. Push button merupakan contoh sensor sentuh sederhana.

2. Sensor Cahaya

LDR Sensor dan IR Sensor

Sensor cahaya digunakan untuk mendeteksi cahaya disekitarnya. Robot dapat mengetahui gelap dan terangnya suatu objek, tempat, siang dan malam menggunakan sensor cahaya. Untuk menentukan gelap dan terangnya suatu tempat, biasanya menggunakan sensor LDR. Sedangkan untuk keperluan robot line follower menggunakan sensor infrared.

3. Sensor Warna

Sensor Warna

Sensor warna bisa menangkap gelap terang dengan menangkap warna hitam dan putih. Sensor ini juga dapat mendeteksi warna lainnya seperti merah, biru, kuning dan sebagainya. Selain itu, sensor warna juga bisa digunakan untuk membuat robot line follower bahkan dapat mengikuti garis dengan warna yang lebih spesifik.

4. Sensor Jarak

Sensor Ultrasonic

Sensor jarak merupakan jenis sensor yang digunakan untuk mendeteksi objek dengan cara mengukur jarak objek tersebut. Sensor ini bisa mengukur jarak dengan akurat. Sensor jarak di dalam robot berguna sebagai mata agar robot dapat melihat objek yang ada di depannya. Contoh sensor jarak yang sering digunakan yaitu sensor ultrasonic.

5. Sensor Suara

Sound Sensor dan Voice Recognition

Sensor suara digunakan untuk mendeteksi suara disekitar robot yang berfungsi seperti telinga. Sensor ini bisa membedakan suara yang nyaring, tidak nyaring dan hening. Intensitasnya bisa diatur manual atau pun melalui program, tergantung pada jenis sensor suara yang dipakai. Bahkan untuk jenis Voice Recognition bisa diprogram untuk mendengar kata atau bahasa yang digunakan manusia.

6. Sensor Keseimbangan

Ballance atau Gyro Sensor

Sensor ini biasa digunakan untuk membuat robot agar tetap seimbang, mulai dari kemiringan hingga membantu bangun saat robot terjatuh. Salah satu contoh sensor keseimbangan yaitu Gyroscope yang dipakai pada smartphone.

7. Sensor Gas

Sensor Gas

Sensor gas berfungsi untuk mendeteksi berbagai jenis gas atau asap yang ada di sekitar. Layaknya hidung pada manusia yang dapat membedakan mana gas yang biasa dan gas berbahaya. Contoh penerapan sensor gas adalah untuk robot penjinak bom atau robot GreenBird.

8. Sensor Temperatur

Sensor DHT11

Sensor temperatur digunakan pada robot agar dapat mengenali suhu yang ada disekitarnya, seperti kulit yang dapat merasakan panas dan dingin.

Posting Komentar

0 Komentar