Cara Monitoring Data Analog Arduino menggunakan Serial Monitor

Data analog adalah data yang berbentuk gelombang secara kontinyu. Data analog di Arduino dibaca di pin A0, A1, A2, A3, A4 dan A5 atau yang biasa disebut dengan nama analogRead atau analogWrite. Arduino sudah dilengkapi dengan ADC yaitu Analog to Digital Converter yang mengubah data analog Arduino ke digital agar bisa dibaca oleh mesin Arduino, karena yang kita tahu sendiri bahasa mesin itu adalah bahasa biner 0 dan 1.

Untuk monitoring data analog Arduino menggunakan serial monitor dibutuhkan rangkaian dengan komponen potensiometer karena kita membutuhkan nilai ohm yang berubah-ubah. Resolusi sensor ini dengan Arduino yaitu 10 bit yang artinya mempunyai nilai 0 - 1023. Nilai 1023 dihasilkan dari bilangan berpangkat yaitu 2 pangkat 10.  

Hardware yang dibutuhkan :

    • Arduino Uno

    • Potensiometer 10 K

Pin output dari potensiometer kita hubungkan dengan pin A0 dan komunikasi serial kita setting dengan baudrate 9600.

Jika kita menggunakan Arduino Uno, kita bisa menggunakan pin ADC dari A0 - A5. Namun juga disesuaikan dengan program nya. Nilai dari pin 2 potensiometer akan dibaca oleh Arduino dengan nilai analog. Jadi, prinsip kerja monitoring data analog arduino sebuah potensiometer yang sudah dihubungkan dengan tegangan VCC 5V dan GND Arduino memberikan sebuah masukan input Arduino berupa tegangan pembagi dari 5V. Jadi jika sebuah potensio diputar ke arah kiri minimal potensio tersebut memberikan nilai tegangan mendekati 0V yang kemudian dibaca oleh Arduino dan jika diputar ke kanan maksimal potensio tersebut memberikan nilai tegangan 5V. Pin yang digunakan yaitu pin analog. Tegangan inilah yang dibaca oleh Arduino dengan nilai data analog, berbeda dengan data digital yang hanya berisi dua output High dan Low yang artinya memiliki nilai pasti 0V dan 5V. Untuk data analog mempunyai range tegangan 0V sampai 5V. Selain itu, kita juga bisa mendapati nilai analog atau digital pada sebuah sensor. Jadi, prinsip kerjanya sama membaca nilai analog dan digital Arduino.

Program ini ditampilkan di serial monitor software arduino IDE, juga bisa ditampilkan di lcd 16x2 untuk dasar saja hanya ditampilkan di serial monitor.

Lebih mudahnya example program tepatnya di program dasar File -> Examples -> Basics -> AnalogReadSerial seperti gambar di bawah ini :


Komunikasi serial Arduino dengan baudrate 9600 bps yang artinya bit per second (bisa mengirim data 9600 bit per second).

Deklarasi dari nilai sensorValue yang berupa nilai integer dibaca di pin A0 (Arduino). 

Menampilkan nilai analogRead di serial monitor software Arduino.

Tunda waktu satuan (ms) untuk menampilkan nilai data, (1) artinya 1/1000 detik bisa juga dirubah nilai 1 dengan 1000 yang artinya 1 detik.

Posting Komentar

0 Komentar