I/O Node MCU ESP8266 Lolin

NodeMCU ESP8266 Lolin V3 merupakan papan kendali yang dilengkapi chip ESP8266 yang bersifat open source dan sangat cocok digunakan untuk membuat project IoT. Fungsi dari NodeMCU Lolin ini yaitu sebagai kendali yang terintegrasi dengan ROM, RAM, Prossesor dan I/O dalam satu modul serta dapat terintegrasi dengan internet. Isi utama dari modul ini yaitu ESP8266 32-bit 12E. Beberapa fitur yang terdapat dalam NodeMCU ESP8266 Lolin V3 antara lain flash sebesar 4MB, clock 80 / 160 MHz,  mempunyai 11 port digital dan 1 port analog input. Untuk logikanya menggunakan 3.3V dengan sumber tegangan 5V. Sumber tegangan tersebut dikoneksikan ke port Vin. Sedangkan untuk sumber tegangan external bisa menggunakan VU atau sumber tegangan 5V dari NodeMCU.

Driver yang digunakan NodeMCU ESP8266 Lolin V3 yaitu CH340G yang dilengkapi dengan baudrate 9600. Fitur yang paling penting dari NodeMCU ini yaitu mikrokontroler ini dapat terkoneksi dengan WiFi. Selain itu, di dalam NodeMCU ini terdapat micro USB dan dapat diprogram menggunakan Arduino IDE. Untuk komunikasinya menggunakan UART RX/TX. Di NodeMCU dilengkapi dengan LED Built in dan terkoneksi dengan port D4. Antena yang terdapat di NodeMCU Lolin V3 mampu meningkatkan kestabilan dan kehandalan dibandingkan versi sebelumnya. Port yang terdapat pada Lolin ini memiliki pembaruan dimana ada tambahan port VU dan port ground. Port VU merupakan port yang meneruskan tegangan 5V dari USB. Port tersebut digunakan untuk menyuplai sensor atau modul yang bekerja pada tegangan 5V atau membutuhkan suplai 5V. 

NodeMCU Lolin V3 merupakan versi terbaru dan harganya lebih murah. Adanya dukungan I/O expansion membuat penggunaan Lolin ini menjadi lebih mudah untuk prototyping atau uji coba dibandingkan menggunakan breadboard meskipun ukurannya lebih besar. ESP8266 mempunyai arsitektur power saving. Jadi bisa active mode, sleep mode dan deep sleep mode seperti laptop maupun komputer.

 

Sama seperti Arduino, NodeMCU V3 harus diprogram terlebih dahulu agar dapat bekerja sesuai dengan design sistem yang kita inginkan. Pemrogramannya pun sama dengan Arduino, memakai Arduino IDE (sketch) dengan menyesuaikan tipe/jenis board. Agar board NodeMCU V3 ini terdeteksi di Arduino IDE perlu diinstal terlebih dahulu board NodeMCU yang dibutuhkan.

Instalasi NodeMCU V3 Lolin di Arduino IDE

1. Siapkan kabel USB micro.

2. Sambungkan dengan port USB NodeMCU dan port USB komputer atau laptop.

3. Pastikan komputer atau laptop terhubung ke laptop untuk proses download.

4. Buka Device Manager untuk melihat USB-SERIAL CH340 sudah terdeteksi atau belum.

5. Nomor com dapat berbeda di tiap komputer atau laptop.

6. Kemudian buka/jalankan Arduino IDE. Klik menu File - Preference.

7. Isikan : http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json di bagian bawah yang terdapat kolom "Additional Boards Manager URLs". Klik "OK".

8.  Selanjutnya klik Tools - Board - Boards Manager.

9.  Pada kolom “file your search...” ketikkan esp8266 hingga muncul “esp8266 by esp8266 community” kemudian klik Install disebelah kanan-nya. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

10.  Jika sudah, sekarang kita cek. Dari menu Tools – Board  cari “NodeMCU 1.0(ESP-12E Module)”.

Sekarang  NodeMCU V3 ESP8266 sudah siap untuk diprogram sesuai yang kita inginkan dengan Arduino IDE.

Posting Komentar

0 Komentar