Arduino dengan Modul Sensor Infrared FC-51

Pada bagian ini akan dibahas contoh proyek untuk membaca data output terkait ada atau tidaknya halangan dari modul sensor infrared FC-51. Output dari modul sensor infrared FC-51 ini berupa nilai digital HIGH atau LOW. Output dari modul ini akan bernilai HIGH ketika tidak ada halangan dihadapan sensor. Output dari modul ini akan bernilai LOW ketika terdapat halangan di hadapan sensor. Hasil yang di dapat akan ditampilkan pada serial monitor Arduino IDE. Rangkaian dari contoh proyek ini ditunjukkan pada gambar 1.1.

Gambar 1.1 Arduino dan Modul FC-51

Hardware yang dibutuhkan :

1. Arduino UNO

2. Modul Sensor Infrared FC-51

3. Kabel jumper

Keterangan Rangkaian dan Pemrograman :

1. Hubungkan pin VCC Modul Sensor Infrared FC-51 dengan pin 5V Arduino.

2. Hubungkan pin GND Modul Sensor Infrared FC-51 dengan pin GND Arduino.

3. Hubungkan pin OUT Modul Sensor Infrared FC-51 dengan pin digital 4 Arduino.

4. Setelah selesai membuat rangkaian, langkah selanjutnya adalah membuat sketch program pada software Arduino IDE. Sketch untuk rangkaian Arduino dengan sensor FC-51 ditunjukkan oleh contoh program Prog1.1.

5. Compile sketch yang telah dibuat.

6. Hubungkan Arduino UNO dengan komputer menggunakan kabel USB dan upload ke Arduino UNO yang digunakan.

7. Buka serial monitor pada Arduino IDE sehingga string yang akan ditampilkan berdasarkan nilai digital yang dibaca dari Modul Infrared FC-51 dapat terlihat.

Contoh Program Prog1.1. Arduino dan FC-51


Penjelasan :

1. Di awal program terdapat void setup( ) yang isinya tentang pengaturan arah I / O dan pengaturan baud rate.

2. Pin digital 13 didefinisikan sebagai pin output dan pin 4 diinisialisasikan sebagai pin input yang digunakan untuk membaca keluaran dari modul FC-51.

3. Pengaturan baud rate untuk komunikasi serial pada program ini sebesar 9600bps.

4. Di awal void loop( ) program akan membaca pin 4 yang hasilnya berupa nilai HIGH atau LOW. Nilai tersebut akan disimpan ke variabel hasil dengan tipe integer.

5. Pada baris selanjutnya, program masuk ke dalam seleksi kondisi if.

6. Pada seleksi kondisi if tersebut akan variabel hasil diperiksa, dimana jika variabel hasil bernilai LOW maka program akan mencetak string "ada halangan" ke serial monitor diikuti dengan nyala LED bawaan yang terdapat pada board arduino yang terhubung ke pin digital 13.

7. Pada seleksi kondisi if selanjutnya variabel hasil diperiksa kembali, dimana jika variabel hasil bernilai HIGH maka program akan mencetak string "aman, tidak ada halangan" ke serial monitor diikuti dengan padamnya LED bawaan yang terdapat pada board Arduino yang terhubung ke pin digital 13.

8. Baris perintah terakhir pada program adalah perintah jeda waktu selama 200ms

Hasil eksekusi dari program ini ditampilkan pada serial monitor Arduino IDE pada gambar 1.2.


Posting Komentar

0 Komentar